Puluhan Bule Lepas Tukik di Pantai Petitenget
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Badung, balipuspanews.com – Puluhan bule melepas tukik pada saat pembukaan Festival Petitenget, Kerobokan, Kuta,Bali, Jumat (14/9).

Selain bule, tukik juga dilepas oleh Anggota DPR RI, Anak Agung Adhi Mahendra, Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Bupati Giri Prasta dan tokoh masyarakat lainnya.

“Pelepasan tukik ini sebagai simbol harapan wisatawan agar tetap berkunjung ke Petitenget,” kata Jero Bendesa Petitenget Kerobokan, Jro Anak Agung Putu Sutarja.

Pihaknya berharap dengan festival ini sebagai salah satu spirit dari perjalanan suci  Dang Hyang Niratha bisa memberikan arti tersendiri bagi warga masyarakat Kerobokan khususnya dan Bali pada umumnya.

Begitu juga disampaikan oleh Ketua Panitia Festival  Anak Agung Bayu Jhoni Saputra, dengan peninggalan peti pecanangan dari Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh diharapkan menjadi spirit dalam penyelenggaraan Festival perdana ini.

Sementara itu, Festival yang diselenggarakan di pesisir pantai Petitenget ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Mantan Bupati Gianyar ini dengan bangganya kepada masyarakat Kerobokan ditengah gerusan glamournya pariwisata bisa mempertahankan tradisi yang dimilikinya.

“Bangkitnya tarian wayang wong dan  tari pendet menjadi salah satu bentengnya Bali di daerah glamournya pariwisata,” ujarnya.

Disisi lain, pada kesempatan yang sama BupatI Giri Prasta juga secara simbolik mengelontor dana hibah Rp 2 Milliar untuk membackup festival perdana itu.

Bupati dari  PDIP ini tetap memompa semangat masyarakat Kerobokan, dan tak pernah henti menyatakan akan kemandirian.

“Saya akan urus pariwisata ini dengan baik, saya ingin warga Kerobokan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri, ” jelasnya. (art/bpn/tim)

 

Tinggalkan Komentar...