15/08/2020, 1:54 AM
Beranda English Channel Bali Today Festival Tanah Lot (1) Usung Tema Tirta Kamandalu, Kerahkan 900 Seniman Olokan...

Festival Tanah Lot (1) Usung Tema Tirta Kamandalu, Kerahkan 900 Seniman Olokan Massal tolak Bencana Corona

TANAH LOT, balipuspanews.com – Festival Tanah Lot Art dan Food Festival, Kediri, Tabanam   kembali digelar untuk ketiga kalinya dengan berbagai inovasi dan kreativitas ditengah terpuruknya pariwisata a seperti apa pelaksanaannya ?

Putu Artayasa, TABANAN

Pura Tanah Lot sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing.

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Kali ini sebagai wujud membangkitkan pariwisata tanah lot ini terus digenjot untuk diperkenalkan kepada dunia, salah satu hajatan yang dilakukan adalah Festival Tanah Lot Art and Food 2020 oleh Badan Pengelola DTW Tanah Lot pada tanggal 13 sampai 15 Maret 2020.

Hajatan kali ini memberikan kesan dan pesan tersendiri ketika pariwisata melesu akibat Virus COVID – 19. Guna merecovery pariwisata kali ini festival itu mengambil tema

Tirta Kamandalu.

“Tema ini merupakan inspirasi dari Bupati Eka Wiryastuti, Tirta Kamandalu itu merupakan mata air suci dari dasar samudra yang menjadi sumber kehidupan,” katanya Sekda Tabanan, I Gde Susila dalam jumpa persnya di Tabanan, Minggu (8/3/2020).

Dalam acara ini secara khusus akan mempersembahkan pagelaran okokan kolosal dengan tematik “Nangkluk Merana”.

Nangkluk Merana ini adalah sebuah tradisi yang umumnya digelar  untuk mengusir bala atau musibah seperti hama bencana dan sejenisnya.

“Mudah mudahan Nangluk Merana ini bisa mengusir wabah Corona,” ujarnya singkat.

Pagelaran ini akan dilakukan saat pembukaan festival tanggal 13 Maret sekitar pukul 18.00 wita.

Pada pagelaran okokan masal ini akan melibatkan seniman okokan dan penari yang berasal dari 7 Banjar di Desa Pekraman Kediri.

“Gladi kotornya akan dilakukan pada tanggal 12 Maret pagi,” ujarnya.

Seperti diketahui Okokan merupakan kalung (keroncong) dari kayu yang biasanya digantungkan dileher sapi sebagai kebanggaan.

Okokan yang kecil dibuat super jumbo ukuran 90 cm malahan ada yang lebih besar. Okokan jika di goyang mengeluarkan suara yang keras dan bergemuruh jika dimainkan secara beramai-ramai. Secara tertulis memang belum ada prasasti atau lontar yang menuliskan mengenai sejarah tradisi Okokan ini. Namun, masyarakat setempat sudah mempercayai secara turun temurun bahwa tradisi ini sudah ada sejak tahun 1960. Ketika itu, warga Desa Kediri terkena serangan penyakit atau disebut kabrebehan (malapetaka). Kabrebehan ini menyerang warga dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Penyakitnya pun berbeda-beda, tanpa sebab yang pasti, bahkan ada warga yang meninggal dunia tiba-tiba.

Yang membuat Okokan semakin Mataksu ( punya daya magis) adalah hiasan tapel atau lukisan dengan wajah Boma. Boma merupakan ciri khas Okokan dimiliki Desa Kediri yang memiliki makna keangkaramurkaan atau kemarahan. Sehingga, melaksanakan tradisi ini dipercaya akan mampu menetralisasi sifat-sifat negatif yang ada di Desa Kediri. Tak hanya itu, Okokan ini juga dihiasi seperti wastra (kain)  berwarna poleng atau hitam putih. Biasanya tradisi ini dilaksanakan oleh 40 hingga 50 orang yang mengenakan pakaian khusus yang sudah ada. Kemudian, pelaksanaannya juga dikomandoi  seorang penabuh yang memainkan kleneng. Semakin cepat tempo kleneng akan diikuti oleh tempo Okokan yang juga  diiringi gamelan Baleganjur. (Bersambung)

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Kuasa Hukum Jerinx SID Ajukan Penangguhan Penahanan

DENPASAR, balipuspanews.com - Kuasa hukum Wayan Gendo Suardana SH, Jumat (14/8/2020) siang, mendatangi penyidik Ditreskrimsus Polda Bali untuk menyerahkan surat penangguhan penahanan terhadap Jerinx...