Senin, Juni 24, 2024
BerandaBulelengFH Unmas Denpasar dan LSM Bli Braya Beri Penyuluhan Hukum dan Tebar...

FH Unmas Denpasar dan LSM Bli Braya Beri Penyuluhan Hukum dan Tebar 20 Ribu Bibit Ikan

BULELENG, balipuspanews.com – Perayaan Tumpek Uye/Kandang yang jatuh pada Sabtu (18/5/2024) dimanfaatkan untuk melakukan pengabdian masyarakat oleh Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (FH Unmas) Denpasar dan LSM Bli Braya di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Dekan FH Unmas Denpasar yang juga Ketua LSM Bli Braya, Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat dengan tema yakni “Melalui Pengabdian Masyarakat Terpadu FH Unmas Denpasar Kita Sukseskan Kegiatan World Water Forum (WWF) 2024 pada Sektor Sumber Daya Air Sebagai Implementasi Danu Kertih Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng”.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan 200 mahasiswa, 40 dosen, 50 orang dari LSM Bli Braya sebut Lanang diantaranya ada sembahyang bersama, Punia ke pura dan pemangku, bersih-bersih di areal pura, penyuluhan hukum terhadap masyarakat, dan pelepasan 20 ribu bibit ikan di Danau Buyan.

“Jadi apa yang kami bersama laksanakan pada kesempatan kali ini yang kebetulan bertepatan dengan perayaan Tumpek Uye bertujuan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan ikut menyukseskan pelaksanaan WWF 2024. Serta menjalankan konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam hal ini danu kerthi, segara kerthi, wana kerthi dan jagad kerthi,” terang Lanang.

BACA :  Akademisi FP Unwar Ingatkan Industri Olahan Talas Terapkan Produksi Bersih

Lanang juga menambahkan kegiatan juga sejalan dengan konferensi WWF yakni menjaga dan memelihara air, sumber mata air beserta ekosistemnya yaitu pohon dan hutan sekitar. Bahkan dirinya menyebutkan semua selaras dengan pemberian UNESCO kepada bali yaitu Tukad Pakerisan, Batur, Jati Luwih dan Taman Ayun yang dinilainya juga merupakan sumber-sumber air di Bali.

“Kami harap apa yang dilakukan hari ini bisa sedikit tidaknya menjaga ekosistem alam agar tetap lestari dan tetap bisa menjadi sumber mata air yang memberikan kehidupan kepada kita semua,” harapnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular