19/09/2020, 8:13 AM
Beranda Bali Denpasar Final Lomba Pidato Bung Karno Diselenggarakan Hari Ini, Terpilih 8 Pemenang

Final Lomba Pidato Bung Karno Diselenggarakan Hari Ini, Terpilih 8 Pemenang

DENPASAR, balipuspanews.com – Setelah kemarin, Selasa (16/6/2020), diadakan audisi lomba pidato pelajar tingkat kabupaten/kota, hari ini Minggu (21/6/2020), DPD PDI-Perjuangan Provinsi Bali menyelenggarakan final lomba pidato pelajar tingkat provinsi.

Final lomba pidato yang mengangkat tema “Spirit Pancasila Gotong Royong Hadapi Covid-19” ini diselenggarakan secara langsung di Sekretariat DPD PDI-P dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dari 36 pemenang tingkat SMP dan 36 pemenang tingkat SMA/SMK yang dihasilkan sebelumnya, terpilihlah 18 peserta dari juara 1 masing-masing kabupaten/kota untuk tingkat SMP dan SMA/SMK.

“Penampilan peserta sangat luar biasa, sangat terlihat semangat Bung Karno; penguasaan panggung, bahasa tubuh, intonasi, artikulasi dari peserta cukup baik. Ini menyulitkan juri dalam penilaian karena menampilkan the best of the best,” ungkap Koordinator DPD PDI-P lomba pidato, DR. IGA Diah Werdhi Srikandi WS seusai perhelatan acara, Minggu (21/6/2020).

Adapun dewan juri yang diundang langsung pada final lomba pidato ini diantaranya DPR RI Fraksi PDI-P, Nyoman Parta; salah seorang penggiat seni, DR Kadek Suartaya; Teater Selem Putih, Putu Satria Koesumo.

“Diharapkan dengan kegiatan lomba pidato pelajar ini, dapat menumbuhkembangkan rasa nasionalis dan generasi muda terhadap sosok Bung Karno, serta pesan Bung Karno tentang JAS MERAH, jangan sekali-kali melupakan sejarah,” jelas Diah.

Selain itu, final lomba pidato Bung Karno ini juga dihadiri langsung Ny. Putri Suastini Koster, dimana kehadirannya sangat memberikan motivasi kepada peserta lomba.

“Menurut saya sangat perlu menghadirkan beliau, karena beliau pernah menjadi juara tingkat nasional untuk pidato dan beliau juga sangat aktif di bidang seni, dan ketika membawakan puisi sangat luar biasa. Jadi banyak ilmu yang bisa beliau tularkan kepada adik-adik peserta lomba,” akunya.

Lebih lanjut disampaikan, pengumuman pemenang telah langsung diumumkan usai penilaian. Diah nenambahkan, untuk penyerahan hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai akan diserahkan pada Hari Penutupan Bulan Karno yang akan dilaksanakan pada 30 Juni 2020 bersamaan dengan hadiah lomba-lomba lainnya.

“Hari penutupan ini secara serentak akan diselenggarakan di DPD Provinsi dan DPC kabupaten/kota,” sebutnya.

Untuk diketahui, lomba pidato Bung Karno tingkat kabupaten/kota ini telah terlaksana dari tanggal 13-16 Juni dengan jumlah peserta 169 pelajar tingkat SMP, 138 orang peserta pelajar tingkat SMA/SMK.

Selain membangkitkan semangat gotong royong para pelajar di tengah pandemi Covid-19, kegiatan ini juga sebagai media untuk siswa yang saat ini masih belum bisa bersekolah.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengisi waktu luang para siswa dan berkarya dengan kegiatan positif dengan lebih mengenal sosok Bung Karno,” tandasnya.

Penulis : Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Putu Artayasa

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play