Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, balipuspanews.com – Memilih mainan yang tepat sesuai usia dan kemampuan anak yang sedang berkembang, akan sangat membantu untuk proses pembelajaran dan tumbuh kembangan anak. Namun, sebagian orang tua masih mengabaikan informasi umur pada label mainan. Padahal, memberikan anak mainan yang tidak sesuai umurnya, bisa berakibat buruk, mulai dari kesulitan bermain atau cedera.

“Bagi orangtua yang belum memahami bagaimana memilih mainan yang tepat dan aman bagi perkembangan anak, ada beberapa tips yang bisa orangtua lakukan, yaitu:
Pilih mainan sesuai tahapan usia anak. Pilihlah yang sesuai dengan usia si kecil yang biasanya bisa dilihat pada kemasan mainan,” kata Customer Marketing Manager Fisher-price, Jonathan Lokasanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat malam (28/2).

Menurutnya tidak semua mainan yang berkualitas harganya mahal, orangtua harus pandai memilih mainan terbaik demi keamanan anaknya dan pastikan bahan mainan aman.

“Pastikan mainan untuk anak terbuat dari bahan yang tidak beracun. Pilih mainan edukatif yang akan memancing anak berimajinasi. Mainan edukatif yang bisa merangsang imajinasi, kreativitas dan daya pikir anak adalah mainan yang bisa memberi beragam manfaat dari satu perangkat tersebut,” ungkapnya.

Sebagai salah satu produsen mainan bayi dan mainan prasekolah terkemuka di dunia, Fisher-Price sangat meyakini inovasi mainan yang tepat sesuai dengan tahapan usianya dapat mendukung mengembangkan potensi anak.

“Fisher-Price mengelompokkan produk sesuai dengan tahapan usia, dengan pertimbangan aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak,” tutur Jonathan Lokasanto.

Dijelaskannya, pada usia 6-9 bulan misalnya, ketika anak sudah mulai belajar untuk bergerak, mainan yang diberikan haruslah yang bisa mengasah kemampuan motorik anak. Mainan edukatif itu dirancang untuk mengembangkan kemampuan fisik anak tumbuh lebih cepat.

Musical Lion Walker bisa membantu anak untuk duduk dan berdiri sehingga baik untuk perkembangan kemampuan fisiknya. Selain itu, anak juga bisa memainkan detailnya, seperti roller dan mainan kecilnya, sehingga anak bisa memahami kenapa hal itu bisa terjadi.

Setiap orangtua pasti ingin memberikan bekal keterampilan yang baik bagi anaknya. Momentum tersebut juga menjadi saat yang penting bagi orangtua untuk menyaksikan perkembangan anak secara langsung.

Jonathan Lokasanto menambahkan untuk mendukung lebih banyak orangtua dalam memenuhi kebutuhan mainan edukatif untuk anak, Fisher-Price bermitra dengan Shopee dan ikut berpartisipasi dalam Shopee Moms Club yang merupakan fitur berbasis keanggotaan yang didedikasi untuk menjawab kebutuhan Ibu dan Anak.

Head of Brands Management Daniel Minardi mengatakan, pihaknya menghadirkan fitur Shopee Moms Club sebagai support system untuk memenuhi kebutuhan ibu dan anak, termasuk dalam mengakses informasi  serta mendapatkan produk-produk berkualitas untuk kebutuhan keluarga.

“Kami mengapresiasi Fisher-Price yang ikut berpartisipasi dalam Shopee Moms Club untuk menjawab kebutuhan ibu agar lebih kreatif dalam memilih mainan yang tepat untuk buah hati. Member dapat menikmati penawaran menarik hingga diskon 50% untuk produk pilihan Fisher-Price,” kata Daniel Minardi.

Shopee  Moms  Club  merupakan  fitur  berbasis  keanggotaan  untuk  pengguna  Shopee khususnya para ibu. Inovasi terbaru dari Shopee ini menawarkan solusi pintar dalam parenting dan gaya hidup modern. Untuk menjadi anggota, pengguna dapat mendaftar secara gratis di aplikasi  Shopee. (Ivan/BPN/Tim)