Fisip dan Prodi MAP PPs Unwar Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional di Desa Sidan, Gianyar

Fisip Unwar dan Prodi MAP PPs Unwar melakukan Pengabdian Masyarakat Internasional di Desa Sidan, Rabu (23/11/2022)
Fisip Unwar dan Prodi MAP PPs Unwar melakukan Pengabdian Masyarakat Internasional di Desa Sidan, Rabu (23/11/2022)

GIANYAR, balipuspanews.com – Dalam rangka Social Politic Academic Week (SOPA) 2022, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) bekerja sama dengan Program Studi Magister Administrasi Publik (Prodi MAP) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa menggelar Pengabdian Masyarakat Internasional di Desa Sidan, Gianyar, Rabu (23/11/2022).

Pengabdian ini mengangkat tema “Building Forward Better: Addressing New Opportunities and Existing Challenges in Sustainable Development” menghadirkan 3 narasumber yaitu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., Associate Professor University of Zagreb Robert Mikac, P.Hd., dan Ambassador of Croatia in Malaysia, H.E. Ivan Velimir Starcevic

Ketua Panitia I Putu Hadi Pradnyana, S.IP., M.Si., mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan rangkaian dari Social Politic Academic Week 2022 yang diawali dengan seminar internasional, dilanjutkan dengan summer school online dan dilanjutkan dengan program pengabdian masyarakat internasional.

Baca Juga :  Kasus Pengerusakan Penjor di Taro Kelod Dilimpahkan ke Kejari Gianyar

Dalam topik ini, lanjut Pradnyana, ingin mengelaborasi dan menegaskan kembali bahwa ketika membangun sebuah ecotourism tidak lepas dari konsep besar yang bernama sustainable development.

“Ini merupakan point utama yang kita delegasikan kepada para peserta pengabdian internasional kali ini,” kata Pradnyana memungkasi.

Sementara Dekan Fisip Unwar yang diwakili Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan Drs. I Wayan Sudana, M.Si., mengatakan, pengabdian masyarakat ini untuk mengimplementasikan atau menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu di bidang pengabdian. Disini akan terjadi elaborasi antara teori dan praktek.

Salah satu kata di dalam visi warmadewa yang diturunkan di masing-masing fakultas termasuk prodi adalah ekowisata. Daerah ini yang dulunya dikelola oleh pemda kemudian dihibahkan kepada desa untuk dipakai memberikan dampak manfaat untuk mensejahterakan masyarakat sehingga untuk mengembangkan potensi desa wisata, dalam hal ini sudah daerah ini sudah dikelolanya area ini sehingga memiliki view yang sangat indah.

Baca Juga :  Diduga Dalam Pengaruh Miras, Wisatawan Asal Maladewa Ceburkan Diri ke Pantai Lebih

Dalam kesempatan sama, Perbekel Desa Sidan I Made Sukra Suyasa, S.Sos., mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Unwar karena menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat Internasional di Desa Sidan. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi Desa Sidan baik itu bagi masyarakat maupun stakeholder pengembangan desa wisata.

“Ke depan kami masih membangun desa wisata berbasis pertanian organik dengan kawasan bali kuno yang mana kawasan ini akan kami kembangkan sebagai lobinya desa wisata dan kami akan kembangkan desa wisata keliling ke desa dengan potensi alam dengan arsitektur kuno peninggalan sejarah serta juga ada UMKM dan alam persawahan di Desa Sidan yang akan dijadikan objek wisata,” ungkapnya.

Baca Juga :  Diduga Dalam Pengaruh Miras, Wisatawan Asal Maladewa Ceburkan Diri ke Pantai Lebih

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan