Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengGadaikan Mobil Sewaan di Sidatapa, Pria Ini Diamankan di Sulawesi Selatan

Gadaikan Mobil Sewaan di Sidatapa, Pria Ini Diamankan di Sulawesi Selatan

BULELENG, balipuspanews.com – Pria berinisial PDA,31, asal Desa Kalibukbuk, Buleleng diamankan pihak kepolisian setelah terjerat kasus mengadaikan mobil sewaan. Mobil yang disewa pelaku digadaikan senilai Rp 80 juta kepada seseorang asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar. PDA ditangkap di wilayah Pinrang, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (30/3/2024) lalu.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, awalnya tersangka Jumat (22/9/2023) sekitar pukul 18.00 WITA mendatangi rumah pelapor berinisial MDS yang berlokasi di Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng. Disana, tersangka kemudian menyewa mobil Toyota Avanza new berwarna silver metalik dengan nomor polisi DK 1042 BC.

Mobil yang disewa langsung digadaikan tersangka kepada seseorang di wilayah Desa Sidatapa dengan nominal uang senilai Rp 80 juta. Setelah mendapatkan uang, tersangka lalu menggunakannya untuk pergi ke sejumlah tempat di luar Bali. Karena tersangka yang tadinya menyewa mobil tidak berkabar, kemudian pelapor mencoba lapor polisi dengan harapan mobil miliknya bisa ditemukan.

Berbekal laporan tersebut polisi mulai melakukan penyelidikan hingga akhirnya sempat menetapkan tersangka dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Beberapa bulan berlalu, polisi pun mendapatkan informasi bahwa mobil korban diduga berapa di Desa Sidatapa. Sedangkan tersangka diketahui sedang berada di Wilayah Pinrang, Sulawesi Selatan sedang mengunjungi temannya asal Lovina tinggal disana.

BACA :  Sekaa Gong Kebyar Wanita Duta Klungkung Tampil Memukau pada PKB 2024

“Setelah dilakukan penyelidikan kami telah berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti termasuk mobil korban yang ternyata sudah digadaikan ke daerah Sidatapa dari keterangan saksi-saksi akhirnya kami dapat informasi kalau tersangka telah berada di luar Bali dan pada Sabtu kemarin kami tangkap tersangka di Pinrang, Sulawesi Selatan, tegas AKBP Widwan Sutadi saat ditemui Senin (1/4/2024).

Setelah ditangkap Tim Raga Poleng dari Polres Buleleng, tersangka PDA langsung mengakui perbuatannya. Modus tersangka nekat melakukan hal tersebut dijelaskan AKBP Widwan lantaran butuh uang untuk digunakan berpindah-pindah tempat seperti ke Jakarta dan terakhir ke Sulawesi Selatan mencari temannya asal Lovina. Atas kejahatan yang sudah diperbuatnya, PDA dijerat pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara empat tahun.

“Alasan tersangka gadaikan mobil untuk keperluan, sebab tersangka diketahui seringkali berpindah-pindah tempat ke luar Bali. Sehingga alasan tersebut membuatnya nekat menggadaikan mobil sewaan ke daerah Sidatapa senilai Rp 80 juta,” imbuh dia.

Disinggung soal apakah ada kemungkinan penerima barang gadaian bisa terjerat dalam kasus ini. AKBP Widwan masih belum bisa memastikan terkait hal tersebut. Akan tetapi pihaknya menilai jika unsur di pasal penadahan kemungkinan itu pasti ada.

BACA :  Diduga Korsleting Listrik, Ruko Lantai 3 di Kuta Kebakaran

“Kita akan uji lagi (soal penadah, red)di pasal penadahan tapi melihat dari modus terakhir cukup memenuhi tapi kami masih akan lakukan penyelidikan,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular