Gaji Dibawah Standar, DLH Karangasem Harapkan Kedepan Ada Peningkatan Kesejahteraan

Kadis DLH Karangasem Nyoman Tari (tengah) saat bersama petugas DLH
Kadis DLH Karangasem Nyoman Tari (tengah) saat bersama petugas DLH

KARANGASEM, balipuspanews.com – Peran petugas kebersihan dipandang sangat penting dalam menjaga kebersihan di Kota Karangasem.

Setiap hari, disaat sebagain orang masih tertidur lelap, mereka sudah berjibaku untuk memastikan sampah-sampah yang terkumpul agar terangkut sehingga saat matahari meninggi kawasan Kota Karangasem sudah bersih dari tumpukan sampah.

Hanya saja sejauh ini, kesejahteraan para petugas kebersihan ini masih jauh dari harapan. Bayangkan, setiap bulan mereka hanya menerima gaji sekitar Rp 1 jutaan, itupun masih harus dipotong pembayaran BPJS.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem, I Nyoman Tari mengakui kondisi tersebut. Saat ini para petugas kebersihan mendapat gaji rata rata Rp 1 juta hingga Rp1,3 juta setiap bulannya tanpa adanya tambahan atau tunjangan lainnya.

Baca Juga :  Operasi Zebra Agung 2022 di Klungkung, Pelanggar Hanya Diberikan Teguran

“Untuk jumlah tenaga kebersihan hingga tenaga administrasi di DLH sebanyak 531 orang. Gaji mereka dikisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta tanpa tunjangan apa-apa, mereka dapat BPJS tetapi di potong gaji,” ujar Nyoman Tari kepada media ini, Senin (3/10/2022).

Atas kondisi tersebut, dengan melihat upah yang jauh dari kata standar, pihak DLH memberikan toleransi dengan memperkerjakan rata 4 sampai 5 jam setiap harinya, itupun dengan target sampah harus bersih terangkut semua.

Pihaknya berharap, kedepan ada peningkatan kesejahteraan bagi petugas kebersihan, sehingga bisa menjadi motivasi dan semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kebersihan.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan