Guru (ilustrasi google)
Guru (ilustrasi google)
sewa motor matic murah dibali

JEMBRANA, balipuspanews. com- pegawai kontrak Pemprov Bali yang ditugaskan di SMA yang ada di Jembrana mengeluhkan gaji belum dibayar.

“Kalau yang kontrak provinsi sempat dibayar sekali yang bulan Januari, tapi yang kontrakper jam mengajar dari januari belum dibayarkan” ungkap guru mata pelajaran yang enggan disebut namanya ini.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga, berbagai cara kini dilakukan agar bisa sekedar menutupi pengeluaran seperti mengajar les.

Guru kontrak lainnya mempertanyakan kepastian pembayaran hak mereka. Sejak UPT Disdik Provinsi dikabupaten dibubarkan, pemberkasannya semuannya jadi satu diprovinsi. Sampai sekarang belum ada kepastian kapan akan dicairkan. ” Padahal kami sudah melaksanakan kewajiban kami” ujarnya.

Pegawai kontrak yang bertugas sebagai staf TU disalah satu SMA di Mendoyo mengaku kelimpungan karena pinjaman dikoperasi, pinjaman ditetangga sampai hutang diwarung yang semakin membengkak, “saya punya anak kecil, suami juga penghasilannya tidak seberapa. Ya selama empat bulan ini handalkan koperasi maupun pinjaman diluar dan ngebon diwarung. Tapi sekarang sudah semua nagih makanya bingung” unkapnya. Jika gaji tersebut dibayar sekaligus namun hutangnya tetap berbunga.

Beberapa guru kontrak yang memiliki kompetensi seperti dibidang olah raga kini juga setiap sore nyambi sebagai pelatih dibeberapa cabang olah raga dengan upah yang tidak seberapa,.

“Ya biar ada saja pemasukan untuk beli bensin. Untuk keperluan hidup beruntung saya masih bujang, masih dikasi minta sama orang tua” ujarnya.

Bahkan ada beberapa guru yang setiap sore sampai malam mengamen di kedai-kedai atau hajatan-hajatan dengan menghandalkan kemampuan bermain musik.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Provinsi Bali Komang Mertadana belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi beberapa kali melalui ponselnya maupun SMS dan WA namun tidak dijawab. (nm/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here