Senin, Oktober 26, 2020
Beranda Editor's Picks Gali Lubang Septic Tank, Pekerja Temukan Bekal Kubur Berbahan Perunggu

Gali Lubang Septic Tank, Pekerja Temukan Bekal Kubur Berbahan Perunggu

GIANYAR, balipusanews.com- Tulang belulang dan bekal kubur berupa alat pertanian dari perunggu ditemukan oleh pekerja galian saat membuat saluran septic tank di Banjar Dauh Uma, Bitera, Gianyar, Sabtu (19/9/2020).

Penemuan barang purbakala tersebut baru dilaporkan Minggu (20/9/2020) kemarin. Atas laporan tersebut, Bhabinkamtibmas Kelurahan Bitera Aiptu I Wayan Mustika kemudian mendatangi lokasi bersama tim dati Kantor Purbakala Gianyar.

Ditemui di Kantor Lurah Bitera, Bhabinkambtimas Kelurahan Bitera Aiptu I Wayan Mustika, Senin (21/9/2020) mengatakan, bahwa Sabtu (19/9/2020) malam dirinya dihubungi oleh pemilik proyek yakni Dominggus bahwa ditemukannya barang purbakala di lokasi proyek rumah miliknya di Banjar Dauh Uma Bitera.

“ Setelah mendapatkan laporan itu, saya besoknya kesana mendampingi team dari Kantor Purbakala Gianyar,” katanya.

Ditemui di lokasi proyek tersebut, Didik seorang pekerja proyek yang juga ikut melakukan penggalian dan menemukan barang purbakala tersebut mengatakan bahwa saat Sabtu (19/9/2020) dirinya bersama beberpa orang pekerja proyek sedang menggali tanah untuk membuat saluran sanitasi septic tank.

Ketika melakukan penggalian di kedalaman 2 meter, ditemukan tulang belulang dan bekal kubur berupa alat menggali tanah berupa alat pertanian dari perunggu.

“ Saat ditemukan, kami lihat ada tulang belulalang dan alat pertanian dari perunggu, kami langsung memberi tahu pemilik proyek,” katanya.

Saat ini, temuan barang purbakala tersebut masih dititipkan dirumah pemilik proyek sembari menunggu datangnya petugas dari Balai Arkeologi.

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of