Jumat, April 19, 2024
BerandaBadungGali Permasalahan Desa Nyambu, FTP Unud Lakukan Program Pra-Bisma

Gali Permasalahan Desa Nyambu, FTP Unud Lakukan Program Pra-Bisma

BADUNG, balipuspanews.com – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Pra-Bisma (Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa).

Kegiatan ini dibuka langsung Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., pH.D, Minggu, (8/5/ 2022) di Ruang Sidang Gedung Agrokompleks Universitas Udayana.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc, narasumber yaitu Poppy Wulandari dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Perbekel Desa Nyambu Wayan Biasa.

Kegiatan Pra-Bisma ini berisikan pembekalan tentang pentingnya pengabdian oleh Poppy Wulandari dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan penjelasan profil Desa Nyambu oleh Perbekel Desa Nyambu.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk bertukar pikiran dan menggali permasalahan apa saja yang ada di Desa Nyambu, Tabanan sehingga pada kegiatan Bisma yang dilakukan dapat memberikan solusi dan menjawab seluruh permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Nyambu, Kec. Kediri, Tabanan.

Wayan Biasa menyampaikan secara garis besar permasalahan yang dihadapi karena pandemi Covid ini yaitu terjadi penurunan wisatawan yang datang ke Desa Nyambu. Pelaku usaha khususnya ekowisata dialihkan oleh pemerintah desa menjadi pengolahan sampah.

BACA :  Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja, Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta

Yang masih menjadi permasalahan, lanjut Biasa, adalah belum adanya tempat pembuangan akhir dari sampah yang sudah dipilah. Kemudian untuk sampah organik belum ditangani dengan serius jadi belum ada pemanfaatan lebih lanjut.

Terkait pengolahan produk di Desa Nyambu ada beberapa potensi, di antaranya yaitu UMKM luluh sate, UMKM keripik belut dan minuman khas yang biasa disajikan bagi tamu yakni teh sereh namun belum di kembangkan lebih lanjut.

“Kami berharap melalui kegiatan BISMA yang akan dilaksanakan dapat memberikan solusi dan jawaban atas permasalahan tersebut sehingga nantinya melalui kegiatan ini masyarakat dapat terbantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” harapnya memungkasi.

Mendengar pemaparan Perbekel Nyambu, hal tersebut disambut positif Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Made Anom. Pihaknya mengatakan, melalui kegiatan ini pasti akan membantu memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi sehingga kedepannya tidak ada lagi permasalahan yang dihadapi.

Sumber: https://www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular