Jumat, Juli 26, 2024
BerandaDenpasarGali Potensi Mahasiswa, FH Unud Gelar Seminar CMCT

Gali Potensi Mahasiswa, FH Unud Gelar Seminar CMCT

DENPASAR, balipuspanews.com
Untuk menggali potensi dan menambah wawasan mahasiswa Fakultas Hukum Udayana terkait Tata Hukum Negara, Udayana Moot Court Community (UMCC) menggelar kegiatan Constitutional Moot Court Training (CMCT) 2023.

Seperti diketahui kegiatan ini merupakan wadah pelatihan peradilan semu konstitusi bagi mahasiswa FH Unud yang diadakan pada Minggu (21/05/2023) lalu.

Kegiatan CMCT 2023 bertajuk “Peran The Guardian of Constitution dalam Melindungi Hak Konstitusional Warga Negara Melalui Judicial Review”. Seminar ini melibatkan peserta sebanyak 20 orang yang akan terbagi menjadi 4 delegasi.

Pelaksanaan seminar dimulai dengan laporan ketua panitia, sambutan oleh ketua umum UMCC, sambutan oleh pembina UMCC, sambutan oleh Wakil Dekan III FH UNUD (Dr. I Made Sarjana, S.H., M.H.) yang sekaligus membuka kegiatan dengan pemukulan gong.

Dosen FH Unud, Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H.,M.Hum memaparkan materi Hukum Acara Konstitusi, Bima Kumara Dwi Atmaja, S.H., M.H. menyampaikan materi mengenai Hak Konstitusional dalam UUD 1945 (Mencakup Hak Kebebasan Berekspresi dan Menyatakan Pendapat).

Sementara pemateri ketiga diisi oleh I Gusti Agung Ayu Dike Widhiyaastuti, S.H., M.H., dengan materi Delik Penghinaan Terhadap Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam Perspektif Hukum Pidana (KUHP 2023).

BACA :  Buka Gerakan PIN Polio, Bupati Gede Dana Sebut Imunisasi Bentuk Perlindungan kepada Anak

Diharapkan, melalui seminar CMCT 2023 dan rangkaian kegiatannya, mahasiswa FH Unud dapat menggali potensi diri mereka dan mengembangkannya, terutama bidang Hukum Tata Negara.

Selain itu, pelaksanaan dari CMCT 2023 yang mengangkat topik pengujian UU berdasarkan UUD 1945 dapat memberikan pembelajaran dan gambaran mengenai skema judicial review di Mahkamah Konstitusi.

Selain itu juga diharapkan menumbuhkan bibit-bibit prestasi yang baru bagi FH Unud dalam bidang peradilan semu konstitusi dan perlombaan bidang konstitusi lainnya.

Rangkaian kegiatan CMCT 2023 akan dilanjutkan dengan kegiatan penyusunan berkas permohonan judicial review oleh para peserta, selanjutnya akan ada small class sebanyak 2 kali, dan akan ditutup dengan internal mooting atau persidangan yang digelar pada akhir Juni 2023.

Sumber:www unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular