Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaNasionalJakartaGanjar-Mahfud MD Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto

Ganjar-Mahfud MD Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto

JAKARTA, balipuspanews.com – Bakal pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres), Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjalani serangkaian tes kesehatan sebagai syarat mengikuti Pilpres 2024 di RSPAD Gatot Subroto, Minggu (22/10/2023).

“InsyaAllah lancar, sehat dan berkah,” tulis Ganjar Pranowo dalam akun media sosialnya terkait pemeriksaan kesehatan yang dijalaninya.

Pasangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memasuki RSPAD Gatot Subroto sekira pukul 07.25 WIB. Mereka mengenakan pakaian khusus mengikuti tes kesehatan.

Sebelumnya, Mahfud MD mengatakan tidak melakukan persiapan khusus selain berpuasa sedari Sabtu malam.

“Saya tidak ada persiapan yang serius, hanya puasa saja sesuai anjuran dokter,” kata Mahfud sebelum bertolak ke RSPAD Gatot Subroto.

Tes kesehatan merupakan syarat wajib yang harus dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam melengkapi persyaratan pendaftaran.

Hasil tes kesehatan jasmani yang dikeluarkan RSPAD Gatot Soebroto akan menjadi bahan pertimbangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan apakah pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024 mampu melakukan kegiatan fisik sehari-hari tanpa hambatan dan tidak memiliki penyakit yang bisa membahayakan aktifitas calon untuk 5 tahun ke depan.

BACA :  Dua Turis Vietnam Kecelakaan di By Pass, Sang Pacar Tewas Akibat CKB

Sementara tes kesehatan jiwa akan mengukur kemampuan pasangan calon dalam melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat ketika menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

KPU menunjuk Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) sebagai lokasi dan penyelenggara tunggal tes kesehatan pasangan Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024.

Berbeda dengan Pilpres 2019 lalu, kali ini KPU tidak lagi melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai lembaga independen dalam pemeriksaan kesehatan calon. Sebagai gantinya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dihadirkan untuk mengawasi jalannya proses pemeriksaan agar independen dan tidak terjadi pelanggaran.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya menjelaskan hasil tes kesehatan capres dan cawapres akan disampaikan RSPAD kepada KPU RI setelah semua pasangan calon selesai memeriksakan kesehatannya.

“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan,” kata A. Budi Sulistya.

Budi mengatakan sebelum pasangan calon Ganjar-Mahfud MD, tim dokter RSPAD telah melakukan pemeriksaan atas kesehatan bakal capres cawapres, Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar, pada Sabtu (21/10/2023).

BACA :  Pujawali di Pura Dang Kahyangan Jati

“Kemarin pelaksanaan (tes kesehatan Anies-Muhaimin) kurang lebih sembilan jam,” kata Budi.

Semua tahapan dan prosedur pemeriksaan kesehatan semua pasangan calon sama, menurut Budi pemeriksaan kesehatan pasangan calon meliputi materi pemeriksaan, tim pemeriksa, alat pemeriksaan, dan jadwal pemeriksaan. Termasuk tim dokter dengan melibatkan 50 orang dokter dari berbagai latarbelakang spesialisasinya serta psikolog.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular