Pelinggih Pura Pasek Gelgel terbakar..
Pelinggih Pura Pasek Gelgel terbakar..
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com- Masyarakat Pegending dibuat eboh dengan terbakarnya secara mendadak Dua pelinggih Pura Paibon Pasek Gelgel, Lingkungan Pegending, Kelurahan Semarapura Kauh, terbakar.

Kebakaran ini terjadi pada Selasa (18/6) sekitar pukul 15.30.Diduga Kebakaran ini terjadi setelah percikan api dari pembakaran sampah di sebuah kebun yang keberadaan lokasinya tidak jauh dari pura. Petugas Pemadam kebakaran KLungkung Sekitar pukul 13.40, datang kelokasi untuk berusaha memadamkan api yang membakar atap pelinggih gedong dan ibu yang ada di pura tersebut.

Di tengah kesigapan petugas pemadam melakukan pemadaman api, tampak Putu Febrianti, 18, terus memandangi proses pemadaman api dengan wajah sedih. Febrianti menuturkan, waktu itu rumahnya dalam keadaan sepi.

Hanya ada dia, adiknya dan sang nenek di rumah. Tiba-tiba tetangganya yang diketahui bernama Ni Ketut Warniti, 46, menggedor pintu dan memanggil-manggil. Dia yang kaget dengan suara gedoran pintu itu langsung bergegas membukakan pintu. Warniti pun langsung memberi tahu Febrianti jika atap pelinggih pura paibon yang hanya terpisah oleh tembok pekarangan dengan rumahnya terbakar.

“Saya panik karena waktu itu cuma bertiga di rumah. Langsung saya minta
tolong tetangga lainnya,” terangnya.

Menurutnya kebakaran tersebut terjadi akibat percikan api dari proses pembakaran sampah yang dilakukan Warniti di sebuah kebun tidak jauh dari pura terbang dan mengenai atap pura yang terbuat dari ijuk tersebut.

“Pura ini diempon lima KK,”Ujarnya.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung I Putu Suarta saat dikonfirmasi terpisah mengungkapkan pihaknya mendapat laporan peristiwa kebakaran tersebut sekitar pukul 15.30. Pihaknya mengerahkan lima unit mobil pemadam.

Kapolsek Klungkung Kompol I Wayan Sarjana menambahkan penglingsir pura Paibon Pasek Gegel Nengah Sadra, 55, tidak melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Klungkung lantaran akan diselesaikan secara kekeluargaan. Akibat kebakaran Pura ini mengalami Kerugian diperkirakan kurang lebih sekitar Rp 50 juta. Warga setempat utamanya pengempon tampak masgul dengan kejadian tersebut.  (Roni/bpn/tim).