Ketua DPRD Karangasem Gede Dana menghadiri bhakti sosial pembersihan sampah di Pantai Ujung
Ketua DPRD Karangasem Gede Dana menghadiri bhakti sosial pembersihan sampah di Pantai Ujung

KARANGASEM, balipuspanews.com – Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana bersama Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Bali gelar aksi resik sampah plastik dikawasan pesisir Pantai Ujung, Karangasem, Sabtu (25/1/2020).

Para peserta aksi resik sampah plastik ini seluruhnya memakai busana adat madya. Mereka melaksanakan resik sampah plastik dengan menyisir kawasan pesisir Pantai Ujung hingga sekitar Pura Lingga Yoni.

Menurut, Gede Dana selaku Ketua DPRD Karangasem yang juga sekaligus sebagai Ketua alumni STKIP Amlapura, kegiatan resik sampah ini disamping mendukung progran Gubernur Bali juga sebagai upaya dalam mendukung pariwisata Karangasem pasalnya seperti yang diketahui pemerintah Karangasem sedang menggalakkan pariwisata, jika sampah plastik masih berserakan bagaimana mau menarik pariwisata.

“ Kami lihat dikawasan Pantai Ujung ini masih banyak sampah plastik, saya kira Ujung menjadi salah satu kawasan wisata sudah dirawat dengan baik ternyata sampah plastik masih banyak sekali, saya lihat ini kurang ditata, mudah mudahan pemerintah bisa mengalokasikan anggaran untuk menjaga kebersihan,” kata Gede Dana disela – sela kegiatan.

Menurut Dana yang juga ketua DPC PDIP karangasem itu, bila perlu agar pemerintah ikut mengedukasi masyarakat agar nanti warga bisa memilah sendiri sampah rumah masing – masing. Hal ini baginya sangat penting karena jika tidak dari sekarang memberikan edukasi masyarakat pasti akan cuek saja.

Disamping itu, politikus moncong putih yang dijagokan mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati Karangasem itu juga menegaskan jangan sampai aksi resik sampah ini dipolitisasi, jangan sampai ada anggapan ada kaitannya dengan nyalon sehingga dianggap unsur pencitraan.

“Jangan ini dianggap pencitraan, ini semua karena memang melihat kondisi riil yang ada, Kalau tidak kita kurangi dari sekarang kapan lagi, negara sudah bersaing untuk kurangi sampah plastik apalagi di Bali jadi pusat pariwisata,” tandasnya.

Tidak hanya dikawasan Pantai Ujung, Gede Dana mengatakan hal serupa juga terjadi dipantai lainnya seperti Pantai Jasri dan pantai Candidasa, jika kondisi ini terus dibiarkan bagaimana mau menarik wisatawan dan investor untuk datang ke Karangasem.(igs/tim/bpn)