Ketua DPRD Karangasem Gede Dana saat penyerahan masker di Puskesmas Bebandem
Ketua DPRD Karangasem Gede Dana saat penyerahan masker di Puskesmas Bebandem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Keterbukaan informasi mengenai update kasus Covid-19 baik itu untuk sebaran ODP dan PDP maupun kesiapan dalam melakukan penanganan sangat penting untuk dilakukan.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Gede Dana dengan keterbukaan informasi yang valid, tentunya akan berdampak kepada masyarakat sehingga bisa lebih waspada saat beraktivitas.

Untuk itu, pihaknya mendesak agar Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karangasem memberikan informasi sekecil apapun namun dengan tetap mengedepankan aturan dan mekanisme yang ada.

Disamping itu, Gede Dana juga mendorong agar Satgas Covid-19 membuat semacam peta pemetaan dimasing – masing wilayah Kabupaten Karangasem yang terdapat pasien ODP maupun PDP.

“ Masyarakat perlu tahu informasi, kalau ada hal yang ditutupi seperti nama dan alamat pasien itu wajar, hanya saja jangan sampai semuanya ditutupi, berapa jumlah ODP, PDP, sebarannya dimasing – masing wilayah serta ketersediaan APD masyarakat juga wajib tau, agar bisa melakukan antisipasi,” kata Gede Dana saat menyerahkan bantuan Masker di Puskesmas Bebandem, Karangasem.

Disamping mengenai keterbukaan informasi, pihaknya juga akan mendorong eksekutif dalam pembahasan APBD yang akan menjadi Perkada agar Pemerintah bisa menyediakan suplemen khusus untuk tenaga medis serta memberikan insentif kepada petugas medis yang khusus menangnai Covid-19.

“ Kami rasa ini sangat penting, karena jam kerja para tenaga medis bertambah serta tekanan psikologis saat melakukan penanganan Covid-19 yang tentunya berdampak terhadap imunitas tubuhnya sehingga perlu disediakan suplemen,” terang Gede Dana.(igs/tim/bpn)