Beranda Bali Denpasar Gede Komang: Jangan Bangga anak Pintar Bahasa asing, Banggalah anak Berbahasa Bali

Gede Komang: Jangan Bangga anak Pintar Bahasa asing, Banggalah anak Berbahasa Bali

DENPASAR TIMUR, balipuspanews.com- Selasa pagi terasa berbeda ketika perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten/Kota dan Provinsi berkumpul di Ksirarnawa taman budaya Art Center untuk mengikuti Lomba ‘Sambrama Wacana’ antar OPD yang berlangsung, Selasa (26/2).

Salah satu pesertanya adalah I Gede Komang tiada lain Kepala Dinas Kebudayaan Babupaten Buleleng yang turut memeriahkan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang dicetus Gubernur Bali I Wayan Koster.

Gede Komang mengatakan pihaknya sangat bangga terhadap apa yang menjadi kebijakan Gubernur Bali, bahwa mulai saat ini masyarakat Bali mengajegkan Bali. Ini sangat luar biasa, selaku pimpinan SKPD Buleleng bahwa salah cara ngajegang Bali melalui berbahasa Bali mulai dari tingkat keluarga maupun di masyarakat.

Dikatakan Gede Komang, bahasa Bali bisa ajeg dan bagaimana untuk mempertahankan budaya Bali, harus bisa berkomunikasi bahasa Bali. Kita mulai dari keluarga, masyarakat, dan seluruh OPD se-Bali.

“Jangan bangga anak-anak bisa bahasa Asing. Mari kita bangga anak-anak bisa berbahasa Bali, baik dengan keluarga maupun dengan masyarakat. Bukan tidak senang anak berbahasa asing, tetapi mari kita bangga anak-anak mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Bali,” ujar Kadis asal Tejakula ini.

Gede Komang berharap kedepan lomba seperti ini jangan berhenti sampai disini, harus diadakan secara berkesinambungan, secara berjenjang dan bertingkat. Baik tingkat desa, kecamatan dan tingkat Kabupaten, sehingga betul-betul mengajegkan Bali.

“Kabupaten Buleleng sendiri telah menggelar berbagai lomba menyambut Bulan Bahasa Bali, walaupun waktunya dekat, saya selaku kepala dinas, sesuai perunjuk Bupati, mau tidak mau kita harus turut melaksanakan. Kedepan akan ditata dari bawah, dari desa kecamatan, kabupaten. jelas pria kelahiran 1959 ini.

Kefasihan berbahasa Bali sehari-hari, dalam lomba sambrama wacana ia tidak ada persiapan secara khusus. Dengan membawakan sambrama wacana.

“Ngajegang Bahasa Bali’ dirinya mampu membawakan dengan baik dan disambut tepuk tangan meriah dari peserta maupun dewan juri. bud/bpn/tim.

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Harap Bisa Atasi Permasalahan Air, Gubernur Prioritaskan Pembangunan Bendungan Tamblang

BULELENG, balipuspanews.com - Pembangunan Bendungan Tamblang sudah diresmikan, pada Rabu (12/8/2020), oleh Gubernur Bali I Wayan Koster. Pembangunan Bendungan ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan...

Resmi Ditahan, Jrx : Semoga Tidak Ada Lagi Ibu-Ibu Menjadi Korban Rapid Test

DENPASAR, balipuspanews.com - Jrx Superman Is Dead (SID) kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali, pada Rabu, 12 Agustus 2020.Jrx SID diperiksa...

Jerinx SID Resmi Tersangka, Langsung Dijebloskan ke Rutan Polda Bali 

DENPASAR, balipuspanews.com - Setelah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Budaya Bali, Kunci Pengembangan Pariwisata Medis

DENPASAR, balipuspanews.com - Wacana pariwisata medis bergulir sejak sepuluh tahun lalu di Bali dan berkembang secara alamiah. Kini dengan hadirnya Indonesia Medical Tourism Board...

Recent Comments

Facebook Comments