Gelar Lomba Ogoh-ogoh Virtual, Pemkot Denpasar Siapkan Dana Rp. 4.17 Miliar untuk Sekaa Teruna

Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin karya ST Dhananjaya, Banjar Dangin Peken, Sanur
Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin karya ST Dhananjaya, Banjar Dangin Peken, Sanur

DENPASAR, balipuspanews.com – Serangkaian dengan acara Denpasar Festival 2020, lomba ogoh-ogoh akan segera digelar. Namun, dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pemkot Denpasar melaksanakan lomba ogoh-ogoh secara virtual.

Adapun ogoh-ogoh yang awalnya diparadekan ini pun dibatalkan untuk menghindari penularan Covid-19.

Kendati demikian, menurut Kelapa Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram, waktu perhelatan lomba belum ditentukan secara pasti.

“Lomba ini akan digelar paling cepat Oktober atau paling lambat November. Yang jelas tidak boleh lewat bulan November 2020,” ujar Mataram, Senin (5/10/2020).

Pihaknya menambahkan, Sekaa Teruna yang ada di Denpasar akan mendapat insentif masing-masing Rp. 10 juta dipotong pajak. Dana insentif ini akan diberikan kepada yang terdaftar yakni sebanyak 417 Sekaa Teruna. Sehingga total, pihaknya menganggarkan Rp. 4.17 miliar.

Saat ini pihaknya mengaku tengah membahas sistem SPJ agar nantinya Sekaa Teruna tidak mengalami kesulitan dalam hal SPJ.

“Bersihnya masing-masing Sekaa Teruna dapat Rp. 9.4 juta. Dananya sudah ada, dan sekarang dalam proses pembahasan SPJ agar mereka mudah nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksanaan lomba ini nantinya masing-masing sekaa teruna diminta membuat video berdurasi tiga sampai lima menit yang menceritakan tentang ogoh-ogoh yang dibuat. Kemudian melalui video inilah akan dinilai oleh dewan juri.

Pihaknya pun menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kota Denpasar dalam pelaksanaan lomba ini.

Lebih lanjut dijelaskan, bagi wilayah yang tak membuat ogoh-ogoh seperti Desa Adat Renon, masing-masing sekaa teruna di wilayah setempat diminta membuat video terkait kreativitas mereka selama setahun.

Video inilah yang nantinya digunakan sebagai syarat mendapatkan insentif.

“Dana insentif akan cair kalau sudah mulai lomba dan vidio sudah dikirimkan,” tandasnya.

Penulis : Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Oka Suryawan