Selasa, Juli 16, 2024
BerandaKlungkungGelar Operasi Antik Agung, Polres Klungkung Amankan 12 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Gelar Operasi Antik Agung, Polres Klungkung Amankan 12 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Operasi Antik Agung 2024 yang digelar Satuan Narkoba Polres Klungkung sejak 31 Mei hingga 15 Juni 2024 berhasil mengamankan 12 pelaku penyalahgunaan narkoba di Bumi Serombotan.

Keberhasilan itu dikatakan langsung oleh Kapolres Klungkung, AKBP Umar saat press conference di Loby Aula Jalaga Dharma Pandhapa Polres Klungkung, Kamis (20/6/2024).

Menurut Kapolres AKBP Umar yang didampingi Kabag Ops Kompol I Ketut Suastika, Kasat Resnarkoba Akp I Made Gede Sudarta, Kasi Humas Iptu Agus Widiono dan Kasi Propam Iptu I Gusti Lanang Putra, Sat Resnarkoba Polres Klungkung bahwa jajarannya berhasil menangkap 12 Orang tersangka dalam kasus tindak pidana narkoba dengan 6 TKP yang berbeda.

“Dari ke-12 orang tersangka ini semuanya tidak atau belum pernah dihukum, dari 6 TKP yang berbeda ini 5 TKP semuanya berada di Kecamatan Nusa Penida,” ujarnya.

Menurutnya, sekarang ini pulau Nusa Penida adalah pulau destinasi wisata yang sangat favorit dengan banyaknya kunjungan para wisatawan. Sehingga dalam Operasi Antik Agung 2024 dari Polres Klungkung tidak mau kecolongan seperti yang terjadi di daerah wisata lainnya sehingga dalam pelaksanaan operasi ini kita fokuskan di wilayah Nusa Penida.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Akp I Made Gede Sudarta menyampaikan selama Operasi Antik Agung 2024 ini jajaran Satuan Resnarkoba Berhasil mengamankan 12 orang tersangka kasus tindak pidana narkoba dengan inisial: SA als S, EG als E als T, MDD als D, MR als A, P als A als K, MRKU als I als F, MSM als L, IPSJ als IK, IMASA als G, IMS, MGPP dan W.

Mereka ditangkap di 6 TKP yang berbeda. Dimana TKP 1 pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 sekira  pukul  00.30 WITA, bertempat  di sebuah rumah kos di Jalan Batu Mulapan, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, team mengamankan 2 orang inisial SA als S dan EG als E als T, adapun barang bukti berupa 4 (empat) buah plastik klip berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu masing-masing dengan berat 0,19 gram bruto atau 0,03 gram netto.

BACA :  Mantan Pemain Manchester United Patrice Evra Dihukum Penjara Karena Meninggalkan Keluarganya

TKP 2 pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 sekira pukul 01.20 WITA, bertempat di sebuah rumah kos di Jalan Batumulapan, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, team mengamankan 2 orang inisial MDD als D, MR als A, dengan barang bukti 2 buah plastik klip berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu masing-masing dengan berat 0,17 gram bruto atau 0,01 gram netto dan 1 (satu) buah pipet kaca yang berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,41 gram bruto atau 0,02 gram netto.

TKP 3, berawal dari di tangkapnya inisial SA dan dilakukan interogasi dan mengakui mendapat barang narkotika tersebut dari orang berinisial P als A als K, sehingga pada Hari Jumat  tanggal 31 Mei 2024 sekira pukul  03.30 WITA di sebuah villa di Jalan Buyuk Limo, Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung diamankan 3 orang yang mengaku bernama P als A als K, MRKU als I als F dan MSM als L dengan barang bukti barang bukti berupa 1 buah plastik klip yang berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,22 gram bruto atau 0,05 gram netto, 1 buah plastik klip yang berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis shabu dengan berat 0,15 gram bruto atau 0,10 gram netto, 1 buah plastik klip yang berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,15 gram bruto atau 0,10 gram netto dan 1 buah plastik yang berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,10 gram bruto atau 0,05 gram netto.

BACA :  Operasi Kepolisian Digelar Serentak, Polres Badung Utamakan Penegakan Hukum

Kemudian TKP 4, pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 sekira pukul  05.10 WITA di sebuah rumah di Jalan Telaga Tinggian Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, team mengamankan seorang inisial IPSJ als IK dengan barang bukti berupa 1 buah plastik klip berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,30 gram bruto atau 0,19 gram netto,1 buah potongan plastik berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,12 gram bruto atau 0,08 gram netto, 1 buah potongan plastik berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,09 gram bruto atau 0,06 gram netto.

TKP 5  pada hari Kamis tanggal 6 Juni 2024 sekira pukul  11.00 WITA di sebuah rumah yang berlokasi di Dusun Kutampi, Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, team mengamankan seorang inisial IMASA als G dan IMS barang bukti yang diamankan adapun barang bukti berupa 1 buah plastik berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis shabu dengan berat 0,10 gram bruto atau 0,06 gram netto, 1 buah pipet kaca berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis shabu masing-masing dengan berat 1,85 gram bruto atau 0,05 gram netto.

Ditambahkannya, untuk TKP yang ke 6  ini di Kami berhasil mengamankan tersangka dengan inisial: MGPP dan W di wilayah Kecamatan Dawan pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2024 sekira pukul  03.30 WITA, Disamping sebuah warung tertutup yang berlokasi di areal parkir barat Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung dengan barang bukti 1 buah plastik klip berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,28 gram bruto atau 0,07 gram netto, dan 1 buah plastik klip berisi kristal bening diduga mengandung sediaan narkotika jenis sabu dengan berat 0,27 gram bruto atau 0,05 gram netto.

BACA :  Pengembangan Bunga Krisan Dikunjungi Pangdam IX/Udayana, Harap Dukungan Pemerintah

Dari 9 tersangka inisial MDD als D, MR als A, P als A als K, MRKU als I als F, MSM als L, IMASA als G, IMS, MGPP  dan W  modus operandi menguasai Narkotika Golongan I (jenis Sabu-Sabu) dengan cara membeli untuk digunakan sendiri/bersama-sama dan Dari ke 3 tersangka inisial SA als S dan EG als E als T dan IPSJ als IK modus operandi selain membeli untuk digunakan sendiri juga diedarkan untuk orang lain yaitu sebagai pengedar.

Pasal Yang Disangkakan Tersangka inisial : SA als S, EG als E als T dan IPSJ als IK yaitu Pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Tersangka inisial : MDD als D, MR als A, P als A als K, MRKU als I als F, MSM als L, IMASA als G, IMS, MGPP  dan W Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1)  UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Di akhir pemungkas Pers Release Kapolres Klungkung AKBP Umar menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba dan melapor kepada pihak berwajib jika mengetahui adanya peredaran narkoba di lingkungannya.

“Bersama-sama kita ciptakan Kabupaten Klungkung yang bebas dari narkoba,” pungkasnya.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular