Kamis, Mei 23, 2024
BerandaBulelengGelar Operasi Duktang, Tim Gabungan Temukan Pekerja Cafe Tanpa Identitas

Gelar Operasi Duktang, Tim Gabungan Temukan Pekerja Cafe Tanpa Identitas

BULELENG, balipuspanews.com – Operasi penduduk pendatang (Duktang) oleh tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buleleng, Bidang Linmas dan Bidang Perada/Gakda, bersama dengan Disdukcapil, Kejaksaan, Kesbangpol, serta aparatur Kelurahan Banyuning menemukan 3 pekerja cafe tidak memiliki KTP.

Selain menemukan pendatang tanpa identitas, dalam operasi yang dilakukan Senin (16/4/2024) itu juga ditemukan 4 pekerja cafe ber KTP luar Bali tanpa dilengkapi ijin tinggal dari lingkungan sekitar.

Kepala Satpol PP Kabupaten Buleleng, I Gede Arya Suardana mengatakan ketujuh perempuan tersebut terjaring saat petugas gabungan melakukan operasi yang terfokus di dua lokasi mess/kost yang berada di Kelurahan Banyuning. Mereka kedapatan tidak membawa kartu identitas dan ber-KTP luar Bali.

“Dari tujuh itu, ada tiga tanpa identitas dan empat ber-KTP luar Bali. Selanjutnya mereka diserahkan ke Disdukcapil untuk diproses lebih lanjut pendataannya,” ungkap dia saat dikonfirmasi Selasa (16/4/2024) petang.

Suardana menambahkan, apabila nantinya mereka dinyatakan tidak memiliki identitas maka akan dilakukan pengawasan serta upaya pemanggilan terhadap siapa yang menjadi penanggungjawab mereka. Jika tidak ada maka mereka akan dibina lalu dipulangkan kembali ke daerah asalnya. Namun untuk yang sudah memiliki KTP dan bekerja mereka masuk penduduk non permanen.

BACA :  Dua Tahun Tumpukan Sarpras Alkes Rusak Belum Ditangani, Komisi IV DPRD Karangasem ajak Eksekutif Duduk Bersama

Kemudian disinggung apakah operasi juga berkaitan dengan arus balik pasca Lebaran, Suardana menegaskan bahwa pemerintah di setiap daerah memiliki kewajiban untuk mengingat warga negara agar tertib administrasi kependudukan.

“Operasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memantau dan mengelola pendatang non permanen guna menjaga ketertiban dan keamanan sekaligus mengingatkan warga negara tertib administrasi kependudukan,” imbuhnya.

Perlu diketahui selain melakukan operasi ke kos atau mess, petugas gabungan juga masih melakukan operasi ke Pelabuhan Celukan Bawang dan selanjutnya akan menjadwalkan operasi gabungan di pintu masuk menuju Buleleng.

Penulis : Nyoman Darma

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular