Senin, Juli 22, 2024
BerandaDenpasarGelar Ops Cipkon, Polresta Denpasar Siap Amankan Pemilu 2024

Gelar Ops Cipkon, Polresta Denpasar Siap Amankan Pemilu 2024

DENPASAR, balipuspanews.com – Polresta Denpasar menggelar Operasi Cipta Kondisi Agung 2023 sebagai bagian dari upaya memelihara Situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) agar tetap aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2023-2024.

Apel kesiapan yang dipimpin Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas ini berlangsung di Lapangan Apel Polresta Denpasar, pada Rabu (20/9/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat utama Polresta Denpasar serta 45 personel yang terlibat dalam operasi.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolresta Denpasar, Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa peningkatan aktivitas masyarakat dan kedatangan wisatawan di Bali memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Namun disisi lain juga berpotensi meningkatkan angka kriminalitas dan pelanggaran lalu lintas.

Data dari Biro Ops Polda Bali menunjukkan peningkatan gangguan kamtibmas sebesar 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pendekatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum, Operasi Cipta Kondisi Agung-2023 akan melibatkan 526 personel dari Polda dan Polres/ta jajaran yang terbagi dalam 4 satgas.

BACA :  Ahli Waris Seniman Almarhum I Made Sidja Terima Santunan JKM dari BPJAMSOSTEK

Dalam penekanan Kapolda Bali ada beberapa hal penting yang disampaikan yakni laksanakan tugas dengan baik sesuai sop dan peraturan yang berlaku. Jajaran Ditintelkam agar memetakan dan menindaklanjuti daerah-daerah rawan terjadinya gangguan kamtibmas maupun konflik sosial menjelang Pemilu serentak tahun 2024.

Melaksanakan penggalangan terhadap tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta penyelenggara Pemilu dan para relawan parpol untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Mengoptimalkan kegiatan cyber patrol, counter opini dan take down konten negatif di media sosial, khususnya menjelang pemilu tahun 2024. Meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan media massa baik cetak maupun elektronik serta instansi terkait lainnya.

Selain itu Kapolda Bali juga meminta jajarannya untuk menciptakan cooling system untuk mendukung stabilitas keamanan yang kondusif menjelang pemilu 2024 dengan meningkatkan kegiatan binluh, patroli sambang dan blue light patrol untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kedepankan pendekatan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas dan laksanakan penindakan secara tegas dan profesional terhadap para pelanggar hukum, berikan pemahaman terkait peraturan yang berlaku,” ucap Kapolresta.

BACA :  Hari Koperasi ke-77, Momentum Kuatkan Koperasi dan UMKM

Adapun sasaran dari operasi ini segala bentuk potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu seperti euforia Parpol dalam menyambut Pemilu 2024, pembentukan relawan,pemasangan tanda gambar Parpol, Caleg dan Capres/Cawapres di tempat umum dan lainnya.

Selanjutnya ambang gangguan seperti kegiatan sosial maupun kegiatan partai Politik dalam mencari dukungan dan kampanye yang dilakukan oleh Capres/Cawapres, Caleg dan tim sukses serta gangguan nyata seperti gesekan fisik antar pendukung Caleg dan Cawapres/Cawapres yang mungkin terjadi.

“Dengan perhatian serius terhadap semua aspek ini, Polresta Denpasar dan Polda Bali berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kondusifitas Bali menjelang Pemilu 2024 serta berbagai agenda pengamanan nasional dan internasional yang akan datang. Semua pihak berharap Bali akan tetap menjadi destinasi yang aman dan damai bagi wisatawan serta warganya sendiri,” terangnya.

Penulis: Kontributor Denpasar

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular