Gelar Pendidikan Kader, Nasdem Siap Munculkan Kader Muda Potensial

Acara pendidikan Partai Nasdem di Bali Intercontinental Resort, Jimbaran, Badung
Acara pendidikan Partai Nasdem di Bali Intercontinental Resort, Jimbaran, Badung

BADUNG, balipuspanews.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Bali memberi Pendidikan Politik bagi para kader muda Partai Nasdem se-Bali guna mengkaderisasi kader-kader muda potensial yang berhak dipilih dalam ajang kontestasi politik baik dalam ajang Pileg atau Pilkada.

Demikian disampaikan Sekretaris Wilayah DPW Partai Nasdem Provinsi Bali I Nyoman Winatha dalam sambutan pembukaan pendidikan politik di Bali Intercontinental Resort, Jimbaran, Minggu (25/10/2020).

Ketua Panitia Gus Indra mengatakan, pendidikan politik ini bertujuan untuk memberi penanaman ideologi partai. Disamping juga bagaimana peran medsos membangun kesadaran politik dalam ajang Pilkada serentak di enam Kabupaten/Kota 9 Desember mendatang dan disampaikan strategi pemenangan pilkada serentak nanti.

“Ini juga menjadi ajang konsolidasi seluruh elemen partai di Bali,” tegasnya.

Mewakili Ketua DPW Yulie Sutrisno Laiskodat, pendidikan politik di tengah pandemi Covid-19, Nyoman Winatha selalu mengimbau dan mengingatkan pentingnya protokol kesehatan ahar dijaga dari awal sampai acara berakhir.

Winatha mengungkapkan dalam konteks pendidikan politik, partai politik merupakan organisasi masyarakat yang memiliki keistimewaan untuk melahirkan calon pemimpin negeri.

Kata dia, yang menganut sistem demokrasi seperti di Indonesia yang memberi hak untuk menaruh kader-kader, sebagai implementasi demokrasi perwakilan.

Dengan keistimewaan polik tersebut maka pendidikan politik masyarakat harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggungjawab partai politik.

Kesadaran dan partisipasi politik merupakan tanggungjawab dengan semangat gerakan perubahan atau restorsi Indonesia.

“Dengan membawa tiga nilai partai nasdem dengan politik tanpa mahar, saat mengusung calon di kabupaten/kota, politik gagasan, koalisi tanpa syarat,” tegasnya.

Disamping itu, lanjut Winatha, pihaknya juga ingin melakukan kaderisasi kader muda potensial, yang bisa ditawarkan kepada masyarakat untuk menjadi calon legislatif/eksekutif nantinya.

“Kita bisa berhasil bukan karena program, melainkan kita diukur, bagaimana organisasi bisa melakukan suksesi kepada generai muda,” imbuhnya.

Disamping itu, output dari agenda Pendidikan Politik hari ini juga mengajak kader milenial saat situasi pandemi yang mengalami keterpurukan pada semua sektor, ia mengajak kader partai Nasdem untuk melihat pentingnya UMKM dalam menjaga perputaran ekonomi di Bali.

Turut hadir dalam Pendidikan Politik tahun 2020 Partai Nasdem DPW Bali, Ketua DPP Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif IB Oka Gunastawa, DPP Bidang UMKM Ni Luh Jelantik, Sekwil I Nyoman Winatha, Bendahara, Ketua Sayap organisasi Nasdem, serta Ketua DPD Nasdem se-Bali.

PENULIS : Budiarta

EDITOR : Oka Suryawan