Senin, Juni 24, 2024
BerandaGianyarGelar Saba Festival, Ribuan Warga Menyemut Saksikan Parade Budaya

Gelar Saba Festival, Ribuan Warga Menyemut Saksikan Parade Budaya

GIANYAR, balipuspanews.com – Sejarah baru diukir Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar. Desa yang dekat dengan pantai selatan Gianyar ini menggelar Saba Festival yang dihelat untuk pertama kalinya.

Ribuan warga hadir menyaksikan festival yang dibuka Jumat (17/5/2024) di Krisna Oleh-oleh Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh. Saba Festival digelar juga serangkaian HUT ke-17 Krisna Oleh-Oleh Bali.

Festival Saba dimeriahkan dengan parade Budaya yang diikuti 8 Banjar dari Desa Saba dengan melibatkan 500 peserta dan juga ada lomba ogoh-ogoh mini, lomba Penjor, lomba gebogan, serta fashion show, musik dari Kiss Band dan hiburan dari Celekontong mas dan Tarian Rejang dan Legong Saba.

Pada kesempatan tersebut, juga diisi aktivitas kekeluargaan, yakni pembagian nasi jinggo untuk masyarakat yang hadir pada kegiatan ini. Adapun total nasi jinggo yang dibagikan adalah sebanyak 5000 bungkus nasi. Sementara, untuk puncak acara perayaan, diisi dengan tiup lilin dan pemotongan tumpeng.

Ditemui disela-sela acara, Pemilik Krisna Oleh-Oleh Gusti Ngurah Anom mengungkapkan dengan suksesnya Saba Festival pertama ini, Krisna Oleh-Oleh tidak hanya merayakan ulang tahun yang ke-17 dengan meriah, tetapi juga memperkuat komitmen dalam mendukung budaya dan seni lokal Bali.

BACA :  Sambut HUT Kota Amlapura, Pemkab Karangasem Gelar Pameran UMKM di Lapangan Taman Budaya Candra Buana

“Saya lihat tadi animo masyarakat desa Saba dan muda mudinya sangat kompak, guyub, semangat, saya mempunyai kewajiban sebagai pengusaha lokal di Bali apalagi saya berdarah Gianyar Saba, saya harus punya inisiatif ingin bagaimana mengangkat budaya, seni dan adat kita di Gianyar ini dan kita akan buat di tahun 2025 nanti selama 3 hari berturut-turut dengan segala lebih besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ajik Krisna ini mengatakan persiapan HUT ke-17 Krisna Oleh-oleh saat ini dipersiapkan dalam waktu 7 hari, muda mudinya berkreasi dengan sendirinya, dan juga ada ogoh-ogoh mini se-Bali yang mana ada masing-masing perwakilannya, dan juga ada lomba gebogan serta lomba Penjor dari masyarakat desa Saba.

“Saya ingin memberikan semangat untuk anak-anak muda disini, makanya saya mengundang ogoh-ogoh mini se-Bali, nah, tahun depan bisa dikomersilkan. Saya ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak muda yang membuat ogoh-ogoh mini, kalau mau dikomersilkan, kita akan bantu jual di Krisna tapi dengan kisaran harga 3 sampai 5 juta,” tambahnya

BACA :  Diduga Depresi, Perempuan Tewas Gantung Diri di Kamar Kos

Sementara itu, dalam sambutannya Tjokorda Oka Artha Arsana Sukawati yang hadir selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPD) Provinsi Bali menyampaikan apresiasinya kepada Ajik Krisna dan manajemen Krisna Oleh-Oleh atas inisiasinya mengadakan Festival Saba yang pertama.

“Kita berdoa semoga Krisna Oleh-Oleh akan selalu diberikan tuntunan dan kemajuan sehingga kedepannya bukan hanya di tahun 2024, kita berhadap di tahun-tahun yang akan datang sebagaimana sudah dijanjikan, bahwa tahun depan akan dilaksanakan selama 3 hari dengan kualitas dan jumlah lebih besar lagi,” ungkapnya

Tambahnya, dengan antusias dari masyarakat, dirinya yakin akan terlaksana dengan baik, dan juga dirinya menyampaikan terima kasih kepada para peserta, apa yang dilakukan pada hari ini ini mencerminkan semangat masyarakat Bali untuk segara bangkit dari pandemi Covid-19.

Kepala Bapenda Provinsi Bali I Made Santa SE,Msi., yang hadir mewakili Pj Gubernur Bali, juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Ajik Krisna. Pasalnya, telah memberikan kontribusi signifikan kepada seluruh masyarakat Bali. Bahkan, Ajik Krisna juga sukses mengantarkan UMKM, di tengah Covid-19.

BACA :  Denpasar Diharapkan Jadi Barometer Esport di Bali

“Kami juga mengucapkan selamat atas pelaksanaan festival pertama di tahun 2024 ini, dan selamat ulang tahun Krisna Oleh-Oleh Bali ke 17 semoga senantiasa diberikan sinar suci,” harapnya

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular