Kondisi pantai di pesisir selatan Gianyar, Rabu (11/6). - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, Balipuspanews.com – Pekan ini, gelombang air laut di pesisir selatan bali khususnya di wilayah pesisir Gianyar mencapai tinggi 4-5 meter. Hal ini membuat BPBD Gianyar menghimbau kepada para nelayan agar tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan terlebih dahulu.

Kepala BPBD Kabupaten Gianyar Agung Oka Digjaya menjelaskan bahwa pihaknya dengan Balawista di sepanjang pesisir pantai Gianyar sudah melayangkan himbauan bagi para nelayan agar tidak melaut pada kondisi cuaca seperti ini.

“Kita melihat kondisi cuaca saat ini anginnya cukup kencang, gelombang air laut juga tingginya mencapai empat meter. Kami dari BPBD bersama Balawista sudah memberikan himbauan kepada para nelayan di pesisir agar tidak melakukan aktivitas pelayaran saat ini,” ujarnya kepada Balipuspanews.com, Rabu (12/6).

Dilanjutkannya, BPBD juga telah memasang bendera merah di sepanjang garis pantai yang menandakan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di dekat pantai khususnya aktivitas mandi di pantai.

“Bendera merah sudah kami pasang, itu menandakan masyarakat tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas di sepanjang pantai saat ini,” katanya.

Saat ini, total terdapat 25 petugas Balawista dari BPBD Kabupaten Gianyar disiapsiagakan di sepanjang garis pantai Gianyar. Petugas ini berjaga dari pagi hingga malam hari untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu nelayan di pesisir pantai Lebih I Wayan Nada saat ditanya bahwa dirinya mengaku saat ini takut melakukan aktivitas pelayaran karena keadaan gelombang di tengah laut sangat berbahaya.

“Kami sebagai nelayan merasa takut melaut saat ini, liat saja gelombangnya tinggi angin juga kencang. Kami tidak berani melaut,” ungkapnya saat ditemui di sekitar Pantai Lebih, Rabu (12/6) sore.

Dijelaskan Wayan Nada lebih lanjut bahwa bisanya cuaca seperti ini memang setiap tahunnya terjadi, terutama pada saat peralihan musim dan para nelayan sudah mengetahui tentang hal ini.(catur/bpn/tim).