Jumat, Desember 8, 2023
BerandaKarangasemGempa 5,8 SR Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung

Gempa 5,8 SR Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung

Karangasem, balipuspanews.com – Gempa berkekuatan 5.8 SR, kembali mengguncang wilayah Karangasem dan sekitarnya. Gempa yang terjadi Kamis (26/04) tepatnya pukul 16:54:18 WIB berlokasi di 7.54 LS 115.58 BT atau 89 kilometer arah timurlaut Karangasem, dengan kedalaman 366 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Ir. Wawan Irawan saat dikonfirmasi terkait dampak dari gempa tersebut terhadap aktivitas Gunung Agung mengatakan, kemungkinan tidak berpengaruh terhadap aktivitas Gunung Agung, karena sumber pusat gempanya berada dilaut pada kedalaman 366 kilometer.

“Sepertinya tidak, posisi sumber gempanya di laut pada kedalaman 366 kilometer,” kata Wawan.

Berdasarkan laporan magma-var aktivitas Gunung Agung yang dirilis PVMBG pada tanggal (26/04) pemantauan dari pukul 12.00 wita hingga 18.00 wita mencatat terjadi Gempa Vulkanik Dangkal sembanyak 1 kali, Amplitudo 5 mm dengan Durasi 14 detik.

Tektonik lokal, jumlah 1, Amplitudo 6 mm, S-P 5 detik, berdurasi : 55 detik dan satu kali gempa terasa amplitudo 25 mm, S-P 19 detik, Durasi : 305 detik dengan Skala I MMI.

Disisi lain, berdasarkan informasi yang didapat gempa berkekuatan 5,8 SR tersebut hanya dirasakan dibeberapa wilayah Karangasem saja. Dari delapan kecamatan hanya kecamatan Manggis dan wilayaj Kecamatan Rendang saja merasakan guncangan.

Namun getaran justru kebanyakan terasa didaerah Denpasar, Kuta hingga Nusa Dua.

Sementara, terkait informasi dampak dari Gempa tersebut, menurut Kalaksa BPBD Karangasem, Id. Ketut Arimbawa mengatakan sampai saat ini untuk dampak masih nihil. Kondisi saat ini di Kabupaten Karangasem masih kondusif. (Suar/bpn/Art)

BACA :  Pasca Erupsi, Tanaman Mulai Layu Terkena Hujan Abu
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular