Gempa Bangli-Karangasem, Prajurit Kodam IX Udayana Dikerahkan Bantu Masyarakat

Puluhan prajurit Kodam IX/Udayana dikerahkan ke lokasi, pada Sabtu (16/10/2021), untuk membantu masyarakat, dan relawan lainnya yang sudah tiba di lokasi gempa
Puluhan prajurit Kodam IX/Udayana dikerahkan ke lokasi, pada Sabtu (16/10/2021), untuk membantu masyarakat, dan relawan lainnya yang sudah tiba di lokasi gempa

DENPASAR, balipuspanews.com – Guncangan gempa yang terjadi di Bangli dan Karangasem hingga menimbulkan kerusakan parah langsung diantisipasi jajaran prajurit Kodam IX/Udayana.

Puluhan prajurit dikerahkan ke lokasi, pada Sabtu (16/10/2021), untuk membantu masyarakat, dan relawan lainnya yang sudah tiba di lokasi gempa.

Dalam keterangan persnya, Minggu (17/10/2021), Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok Y P menegaskan pihaknya menerjunkan Tim Penanganan Bencana dari Kodim 1626/Bangli, Yonzipur 18/YKR sebanyak 2 SST.

“Kami juga menerjunkan 1 SSK dari Yonif 900 Raider/SBW sebagai satuan cadangan penanggulangan bencana,” terangnya.

Menurutnya, dari 2 Satuan Setingkat Pleton (SST) Yonzipur 18/YKR terbagi dua. Dimana, 1 SST berkekuatan 30 orang melakukan penanganan bencana di wilayah Kabupaten Bangli tepatnya di Desa Trunyan.

Baca Juga :  ITB Stikom Bali Lepas Empat Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Dijelaskan Kapendam, Tim ini dipimpin  Letda Czi Edi Widodo. Selain personil juga dikerahkan 1 unit truck NPS, 1 unit dump truck. Sedangkan 1 SST lainnya berkekuatan 30 orang dipimpin Mayor Czi Marbun melakukan penanganan di wilayah Kabupaten Karangasem tepatnya di Desa Ban, Kecamatan Kubu.

Diterangkannya lebih lanjut, Kodim 1626/Bangli sampai saat ini terus membantu melakukan pembersihan jalan yang terkena longsor menggunakan alat berat.

“Tim kami di lapangan berkoordinasi dengan pemerintah untuk kesiapan posko bencana dan bantuan logistik serta kesehatan,” tegas Kapendam.

Ia menjelaskan, dampak bencana alam ini harus segera diatasi agar tidak berdampak luas. Sementara kehadiran TNI merupakan tugas pokok TNI dan bentuk junjung tinggi rasa kemanusiaan.

Baca Juga :  Sukseskan Gerakan 10 Juta Bendera, Seluruh OPD Pemkot Denpasar Bagikan Bendera Merah Putih

“Kami berharap, langkah cepat yang sudah lakukan ini dapat meminimalisir terjadinya dampak kerugian yang lebih luas lagi, baik kerugian matriil maupun korban jiwa,” terang Kapendam Letkol Kav Antonius Totok Y P.

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : Oka Suryawan