Gempa berkekuatan 3,4 sr gegerkan warga Karangasem
Gempa berkekuatan 3,4 sr gegerkan warga Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Warga Bumi Lahar Karangasem, Kamis (16/1/2020) pagi, dikejutkan gempa bumi berkekuatan 3,4 skala richter. Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang  dirasakan sekitar pukul 06. 13 Wita itu berlokasi dikoordinat 8,48 LS dan 115,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km tenggara Karangasem, Bali dengan kedalaman 13 km.

Menurut BMKG, jenis dan mekanisme gempa bumi ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal aktif.

Terkait dengan dampak Gempa Bumi ini, Sekertaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, dari 8 kecamatan yang ada di Kaarangasem, gempa dirasakan di lima Kecamatan yaitu, Kecamatan Karangasem, Bebandem, Sidemen, Manggis dan Kecamatan Rendang sementara ditiga Kecamatan lainnya Kecamatan Kubu, Abang dan Selat gempa tidak dirasakan.

“Sejauh ini tidak ada laporan dampak kerusakan akibat gempa yang terjadi pagi ini,” kata Sekertaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana.

Gempa tersebut sesuai BMKG tidak berpotensi tsunami, serta kekuatan gempa dirasakan berbeda – beda disetiap wilayah yang terdampak.(igs/tim/bpn)