Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sudah tiba berada di Pandeglang Banten.
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sudah tiba berada di Pandeglang Banten
sewa motor matic murah dibali

JAKARTA, balipuspanews. com -Gempa bermagnitudo 7,4 terjadi pada Jumat malam (2/8), pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa tersebut berkedalaman 10 km dan berlokasi 147 km barat daya Sumur, Banten membuat ribuan orang mengungsi, puluhan luka luka dan 1 orang meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) adapun jumlah korban yakni
•±1.050 Jiwa mengungsi, 4 orang luka-luka dan 1 Orang (MD) an Rasinah/48 th/Kp Cilangkahan Rt 03/01 Desa Pecangpari Kecamatan Cigemblong, akibat panik, serangan jantung.

Di Prov. Lampung ±1.000 Jiwa mengungsi dihalaman kantor Gubenur Prov. Lampung.

Kabupaten Lampung Selatan : ±50 orang mengungsi di EX Hotel Lima Enam (HUNTARA), Kabupaten Sukabumi 1 orang Luka-lukaKabupaten Pandeglang : 3 orang luka-luka, kabupaten Lebak : 1 orang (MD)

Sedangkan rumah rusak sebanyak 113 rumah rusak yakni 34 unit rumah (RB)21 unit rumah (RS),  58 unit rumah (RR), 1 unit kantor desa (RR), 2 unit masjid (RR)

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sudah tiba berada di Pandeglang Banten. Demikian disampaikan Staf Khusus Ka BNPB Egy Massadiah.

“Semestinya subuh ini Sabtu 3 Agustus 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. Namun beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam,” ungkap Egy Massadiah kepada wartawan.

Letjen Doni ingin memastikan secara langsung dampak gempa semalam dan semua pelayanan publik terlayani.

“Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik,” demikian kata mantan Danjen Kopassus itu sebagaimana yang disampaikan Egy Massadiah.

Semalam sesaat setelah gempa, Presiden Jokowi langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk bertindak cepat.
“Apabila ada yang memang harus disikapi, kita bergerak,” ujar Jokowi di sela-sela menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Ia pun memastikan, keadaan saat ini sudah aman karena tidak berpotensi tsunami. Pascagempa, dirinya langsung menghubungi aparat terkait untuk mendapatkan informasi terkini. (rls/bpn/tim)