Gempa Tektonik Guncang Karangasem Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Agung

Gunung Agung. (Foto: pegipegi)
Gunung Agung. (Foto: pegipegi)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Rentetan gempa tektonik yang mengguncang wilayah Karangasem, pada Selasa (13/12/2022) petang, menimbulkan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Menanggapi hal tersebut, BPBD Karangasem langsung berkoordinasi dengan pihak Pos pemantauan Gunung Api Agung untuk memastikan kondisi aktivitas terkini gunung tertinggi di Pulau Dewata tersebut.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, berdasarkan hasil koordinasinya dengan Pos Pengamat Gunung Api Agung, pada Rabu (14/12/2022), ditegaskan bahwa rentetan gempa tektonik yang terjadi di Kabupaten Karangasem pada 13 hingga 14 Desember 2022 tidak berdampak langsung terhadap aktivitas Gunung Api Agung.

“Berdasarkan data relevan aktivitas Gunung Api Agung juga tidak melihatkan tanda-tanda peningkatan aktivitas,” ujar Arimbawa.

Pihaknya berharap agar masyarakat tetap tenang, dan tidak terpengaruh informasi-informasi yang bukan berasal dari Instansi Pemerintahan. Saat ini aktivitas Gunung Agung masih dilevel 1 normal.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan