Selasa, Juli 23, 2024
BerandaBulelengGerak Jalan Kocak Kembali Hibur Masyarakat Buleleng

Gerak Jalan Kocak Kembali Hibur Masyarakat Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Suasana serangkaian Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 di Kabupaten Buleleng nampak sangat meriah dengan kembali digelarnya gerak jalan kocak kreatif, pada Kamis (11/8/2022), setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Sebelum dimulai lomba ribuan penonton pun sudah berdatangan memadati garis start di tepat di Depan Taman Kota Singaraja untuk menyaksikan sekaligus mendukung 15 perserta yang tampil dalam memeriahkan lomba yang diadakan KONI Buleleng tersebut.

Belasan regu yang ikut ambil bagian dari perwakilan sekolah SMA/SMK Perguruan Tinggi, instansi pemerintah dan juga komunitas serta organisasi masyarakat di Buleleng langsung menunjukkan ide kreatif mereka untuk menghibur penonton.

Masing-masing regu pun diberikan waktu selama 6 menit untuk menampilkan segala kreativitas dan kekocakan mereka. Bahkan mereka diberikan kebebasan untuk memilih tema dan skenario penampilan yang akan mereka tampilkan di dalam balutan busana menarik.

Selain beratraksi di panggung utama di depan Lapangan Ngurah Rai, masing-masing regu diberikan kesempatan tampil kembali di simpang empat Jalan Diponegoro dan di garis finish Pelabuhan Buleleng. Seluruh peserta tampil maksimal dan menghibur.

BACA :  Pura Mandara Giri Semeru Agung Gelar Karya Panca Wali Krama Ketiga, Pj Gubernur Hadir Dipuncak Acara

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang langsung menyaksikan lomba mengatakan sangat menikmati serta mengapresiasi pertunjukan para peserta. Menurutnya, kreatifitas yang ditunjukan para peserta sangat menghibur.

“Mungkin gerak jalan kocak dan kreatif ini satu-satunya di Bali, tentunya sangat menghibur,” ujar Agus.

Pihaknya menambahkan bahwa gerak jalan kocak sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, dan selalu menjadi daya tarik tersendiri masyarakat Buleleng pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Ini selalu dinanti masyarakat Buleleng, karena kreatifitasnya sangat menghibur,” imbuhnya.

Dirinya berharap, kedepannya jika pandemi usai, antusias masyarakat bisa lebih meriah lagi untuk menyaksikan setiap pertunjukan yang disuguhkan Pemkab Buleleng dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sekarang ini masih di situasi pandemi, saya berharap nanti jika pandemi sudah berakhir walupun saya sudah tidak menjabat lagi, pertunjukan seperti ini tetap ada dan pesertanya bisa lebih banyak, karena ini salah satu hiburan untuk masyarakat,” harapnya.

Disisi lain, ketika ditanya terkait kriteria penilaian, juri gerak jalan kocak Made Adnyana Ole menjelaskan, penilaian kali ini ditekankan pada kreatifitas dan kocak. Akan tetapi peserta tidak boleh menyampingkan gerakan gerak jalan.

BACA :  Puluhan Penginapan Dilalap Si Jago Merah di Padangbai, Kerugian Capai Rp 5 Miliar Lebih

“Mereka harus bisa mengeksplorasi gerakan sehingga menciptakan kreatifitas dan juga jenaka tanpa menyampingkan gerakan gerak jalan,” jelasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular