Pemkab Gianyar menerima penghargaan Terbaik II katagori Pengelola Dana Desa Tahun 2019
Pemkab Gianyar menerima penghargaan Terbaik II katagori Pengelola Dana Desa Tahun 2019

GIANYAR, balipuspanews.com -Pemkab Gianyar menerima penghargaan Terbaik II katagori Pengelola Dana Desa Tahun 2019. Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto kepada Sekda Gianyar Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya, MM , di Gedung Keuangan Negara 1, Denpasar, Selasa (28/1).

Pemkab Gianyar meraih posisi terbaik ke 2 dari 9 kabupaten/kota se Bali. Sekda Wisnu Wijaya usai menerima penghargaan menyampaikan, raihan penghargaan ini berkat dukungan dan kerja keras seluruh jajaran. Dan yang terpenting juga dukungan dari OPD terkait dan pemerintahan desa yang komit kelola dana desa.

“Ini adalah prestasi atas kinerja kita semua, dan kedepan kinerja harus ditingkatkan lagi, “ terang Sekda Wisnu Wijaya.

Pihaknya juga menargetkan untuk pengelolaan Dandes tahun depan akan lebih baik lagi dengan melakukan pembenahan, pendampingan dan pengawasan terhadap tahapan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran Dana Desa sehingga tahun depan Gianyar bisa naik peringkat.

Lebih jauh Sekda Wisnu Wijaya menyampaikan dana desa memiliki peran strategis dalam menggerakkan roda perekonomian desa. Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara harus digunakan secara konsisten dan terkendali. Setiap kegiatan yang menggunakan alokasi dana desa, melalui beberapa tahapan proses baik itu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip. Dengan demikian dana desa akan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia, dan penanggulangan kemiskinan.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Wayan Suarjana mengajak semua pihak bersama-sama kelola dana desa dengan sebaik-baiknya untuk rakyat Bali. Perencanaan dan persiapan harus dilakukan dengan matang sehingga dana yang disalurkan pemerintah pusat dapat terkelola dengan baik. Gubernur Bali juga mengajak masyarakat bersama-sama bersinergi supaya DAK Fisik dan Dana Desa bisa kita cepat penyaluran.