Golkar Gelar Aksi Serentak 1000 Kantong Darah untuk Kemanusiaan

Aksi kemanusiaan 1000 kantong Partai Golkar dibuka ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry diwantilan DPD Golkar Bali, Minggu (12/7/2020).
Aksi kemanusiaan 1000 kantong Partai Golkar dibuka ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry diwantilan DPD Golkar Bali, Minggu (12/7/2020).

DENPASAR, balipuspanews.com – Aksi kemanusiaan 1000 kantong Partai Golkar dibuka ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry diwantilan DPD Golkar Bali, Minggu (12/7/2020).

Misi sosial partai berlambang bringin itu dilakukan untuk membantu persediaan darah yang terus menipis dimasa pandemi corona ini.

Pantauan balipuspanews.com di lapangan, partai yang sempat berkuasa di era orde baru itu secara disiplin menerapkan protokol kesehatan karena sejak pagi kader, simpatisan maupun masyarakat berbondong-bondong datang untuk mendonorkan darahnya.

Setiap pendonor tak luput dari arahan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) yang menghimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mendaftar sebagai peserta donor, pengecekan suhu tubuh, serta penggunaan hand sanitizer.

Ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry dalam sambutannya mengatakan, aksi kemanusiaan ini juga mendapat instruksi dari DPP Golkar dimana Golkar Bali untuk secara bahu-membahu mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Aksi nyata Partai Golkar Bali juga sudah dilakukan sebelumnya seperti
memenuhi kebutuhan masker dengan membagikan sekitar 200 ribu dibagikan ke seluruh Bali, memenuhi kebutuhan APD, dan membagikan 40 ribu paket sembako untuk didistribusikan kesembilan kabupaten/kota di Bali.

Selain itu, pembentukan Satgas Bantuan Hukum Hak Asasi Manusia (Bakumham) dengan 20 lawyernya yang berkompeten, yang saat ini sudah menerima 80 aduan yang telah ditangani Satgas.

Yang tidak kalah penting juga, Golkar telah merancang strategi pembangunan ekonomi Bali pasca Covid-19, dengan menggelar 5 kali Webinar dengan narasumber sekitar 25 guru besar dari berbagai PTN/PTS.

Masih terkait donor darah, Sugawa menyebut donor darah ini serentak dilakukan di kantor DPD II Golkar di 9 kabupaten/kota.

Sugawa menuturkan, berawal dari membaca di beberapa media lokal, bahwa Bali kekurangan stok darah akibat dampak dari Covid-19, dengan langkah cepat pihaknya mengajak seluruh pimpinan partai untuk berembug, kemudian muncul inisiatif untuk menggelar kegiatan donor darah dengan menyumbangkan 1000 kantong darah.

Berdasarkan data yang terhimpun, Lanjut Sugawa Korry, sebanyak 1600 kader, simpatisan, dan masyarakat sudah terdaftar untuk mengikuti donor darah bersama yang diinisiasi partai berlambang beringin.

“Kami optimis seribu kantong darah dapat terpenuhi,” jelasnya.

Pihaknya berharap, apa yang telah dilakukan ini semoga bermanfaat bagi masyarakat maupun instansi dalam hal ini PMI Bali, untuk memenuhi stok darah maupun mengatasi akibat dampak Covid-19.

Sementara Ketua PMI Bali I Gusti Bagus Alit Putra menuturkan adanya kesulitan stok darah saat pandemi Covid-19 di provinsi maupun kabupaten/kota.

Gayung bersambut, dengan adanya inisiatif dari DPD Golkar Bali untuk melakukan aksi kemanusiaan ini, pihaknya menyambut baik. Serta mengajak instansi atau masyarakat untuk mau berbagi untuk mengatasi kekurangan persediaan darah di Bali.

“Untuk di Bali harus menyiapkan kurang lebih 45 ribu kantong yang sudah steril dan bebas dari penyakit per tahun, dan 3600 kantong /bulan, serta 120 kantong/hari,” jelas mantan Bupati Badung ini.

Dengan adanya donor darah yang dilakukan Partai Golkar se-Bali ini pihaknya merasa terbantu dalam meringankan tugas dalam memenuhi kebutuhan darah. Pihaknya mengajak masyarakat pentingnya mendonor baik untuk diri sendiri maupun berbagi kepada sesama.

“Setetes darah untuk membantu kehidupan. Semoga yang lain terpanggil, tolong wujudkan kepedulian sosial, dan jangan takut mendonorkan darah,” ajak Alit Putra seraya menyebut Golkar satu-satunya Partai pelopor menggelar aksi donor darah dari kalangan partai.

Sementara Walikota Denpasar yang diwakili Sekda IB Rai Iswara menyambut baik atas aksi kemanusiaan yang digagas Partai Golkar Bali, dimana Golkar selalu menggelorakan kecerdasan sosial dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Seirama dengan langkah ini, pemerintah Kota Denpasar juga telah membuat Perwali tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), dengan dasar pola pikir dari kebijakan tersebut yaitu sosialisasi, mewujudkan kemandirian, serta terwujudnya partisipasi.

“ Kegiatan ini luar biasa, dengan kegiatan ini tentu memberikan suntikan moral bagi kami di kota Denpasar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dewa Widiasa Nida dari DPP Golkar, Ketua Satgas Partai Golkar Bali Komang Satuhedi, Ketua Satgas Bakumham Golkar Bali, Wayan Muntra, Dewa Suamba Negara serta elit Partai Golkar Bali lainnya.

PENULIS : Nengah Budiarta

EDITOR : Oka Suryawan