Rabu, April 17, 2024
BerandaBulelengGolkar Tambah Dua Kursi, PDI Perjuangan Masih Dominasi di Buleleng

Golkar Tambah Dua Kursi, PDI Perjuangan Masih Dominasi di Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Sesuai hasil perhitungan sementara Partai Golkar mampu menambah dua kursi dari target awal sembilan kursi. Dengan demikian total Golkar mampu mendudukkan 11 wakilnya di DPRD Buleleng. Meski begitu nyatanya partai berlogo pohon beringin itu nyatanya masih belum mampu mengalahkan dominasi dari PDI Perjuangan di Bali Utara.

Dominasi partai berlogo kepala banteng di Kabupaten Buleleng pun masih terlihat pada pemilihan Calon Legislatif 2024 ini. Hanya saja, perolehan suara yang diraih oleh partai ini hanya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan tahun 2019 lalu dan hanya mampu menambah satu kursi.

Ketua DPD II Golkar Buleleng, Ida Gede Komang Kresna Budi menyampaikan raihan suara Partai Golkar untuk DPRD Kabupaten Buleleng meningkat drastis dibandingkan tahun 2019 lalu. Namun pihaknya masih enggan mengungkapkan perolehan angka pasti yang berhasil diraih.

Bahkan, saat ini target partai golkar sudah terlampaui. Golkar sendiri telah memasang target di Pileg 2024 dengan raihan 9 kursi. tetapi kenyataannya dari hasil hitung cepat menempatkan 11 calon legislatif akan berkantor di Gedung DPRD Buleleng.

BACA :  Pj Bupati Jendrika bersama Ketua Dewan AA. Gde Anom Tinjau Kebakaran Rumah Kost di Jalan Puputan Klungkung

“Kami belum mau sesumbar, karena ini masih kami lakukan penghitungan juga, untuk angka nantilah kami sampaikan,” ujar dia, Rabu (21/2/2024).

Kemudian berdasarkan pemetaan sementara 11 nama yang berpotensi lolos. Sebanyak 4 diantaranya adalah calon newcomer dan 7 nama lainnya adalah calon incumbent yang sudah duduk menjadi anggota DPRD Buleleng. Meraka diantaranya ada Dapil 1 Kecamatan Buleleng berpotensi Nyoman Dhukajaya (newcomer) dan Nyoman Gede Wandira Adi (incumbent), Dapil 2 Kecamatan Sawan berpotensi Gede Suparmen (incumbent), Dapil 3 Kecamatan Kubutambahan I Ketut Parta (incumbent), Dapil 4 Kecamatan Tejakula Ketut Dody Tisna Adi (incumbent), Dapil 5 Kecamatan Gerokgak Putu Suastika (incumbent), Dapil 6 Kecamatan Seririt Made Suarsana (newcomer),

Dapil 7 Kecamatan Busungbiu I Ketut Hermawan (new commer), Dapil 8 Kecamatan Banjar berpotensi Putu Gede (incumbent) dan Ni Wayan Parlina Dewi (new commer) dan Dapil 9 Kecamatan Sukasada I Ketut Susila Umbara (incumbent).

Disisi lain, Bendahara PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, Ketut Ngurah Arya menyebutkan suara PDI Perjuangan pada 2024 ini mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan itu dibarengi dengan bertambahnya satu kursi. Menurutnya, dari hasil hitung cepat yang dilakukan oleh saksi-saksi dan formulir C hasil, PDI Perjuangan hanya mampu menambah satu kursi dari 18 menjadi 19 kursi. Hal ini tersebut diakuinya masih sangat jauh melenceng dari target yang ditetapkan.

BACA :  Tampil Lepas, Gong Kebyar Dewasa Dan Remaja Serangkaian HUT Kota Gianyar Ke-253 Pukau Ribuan Penonton

“Kita di Kecamatan Buleleng kehilangan 1 kursi. Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Sukasada dan Kecamatan Banjar,” ungkap Arya.

Adapun 18 calon legislatif yang berpotensi lolos, beberapa merupakan newcomer. Dapil Tejakula, ada Incumbent Gede Supriatna dan New Comer Dewa Komang Yudi Astara, Dapil Kubutambahan, Incumbent Wayan Masdana dan Newcomer I Made Sundayana, Dapil Sawan ada, dua Newcomer Dewa Sukardina dan Nyoman Bujana,

Kecamatan Buleleng, ada tiga incumbent yakni Kadek Turkini, Wayan Some Adnyana, dan Gusti komang Swastika kecamatan Sukasada dua incumbent yakni, Wayan Indrawan dan Putu Mangku Budiasa, Kecamatan Banjar diraih oleh incumbent Ketut Widana, Kecamatan Seririt diraih oleh Gede Oddy Busana dan newcomer Anak Agung Widya Putra,

Kecamatan Busungbiu diraih oleh Nyoman Sukarmen dan newcomer Wayan Some Suarsa, sedangkan untuk Kecamatan Gerokgak diraih oleh Ketut Ngurah Arya, Wayan Parwa dan Satu Newcomer Wayan Mudita.

Selain dua partai besar tersebut, ada pula Partai Nasdem yang sudah yakin bisa menempatkan 6 calon legislatifnya di DPRD Kabupaten Buleleng. Meski begitu, Ketua DPC Partai Nasdem Buleleng I Made Suparjo belum bisa memberikan nama-nama yang berpotensi lolos ke DPRD Buleleng.

BACA :  Mangku Pastika Pertemukan Sejumlah Tokoh Politik Asal Buleleng, Ini Alasannya

“Yang jelas kita sudah kunci 6 kursi di Dapil Tejakula, Dapil Kubutambahan, Dapil Sawan, Dapil Kota Singaraja, Dapil Sukasada dan Dapil Seririt,” tegasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular