Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBulelengGong Kebyar Wanita Buleleng Sukses Pentaskan Garapan Cerita "Ki Barak Panji Sakti"

Gong Kebyar Wanita Buleleng Sukses Pentaskan Garapan Cerita “Ki Barak Panji Sakti”

BULELENG, balipuspanews.com – Penampilan apik dari Sanggar Seni Jagratara, Banjar Tegallengga, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt yang mewakili Gong Kebyar Wanita Duta Kabupaten Buleleng pada ajang Pesta Kesenian Bali ke-46 pada gelaran Utsawa (Parade) berhasil memukau ribuang pasang mata yang memadati Panggung Terbuka Ardha Candra, Denpasar, Rabu (19/6/2024) malam.

Garapan yang menjadi perhatian tersebut yaitu mengangkat kisah Ki Barak Panji Sakti pendiri Kerajaan Buleleng dalam balutan Sandyagita yang berjudul “Wibawaning Sang Nata, Ki Barak Panji Sakti” dengan dikoordinir oleh I Putu Eka Juliana Putra.

Menurutnya, Garapan ini mengisahkan perjalanan Ki Barak Panji Sakti menuju Den Bukit yang dilanjutkan dengan pertemuan Panji Landung, dengan berakhir dikuasainya wilayah Den Bukit.

Dengan segala kemampuannya membawa konsep menyama braya yang menggabungkan beberapa etnis dan menjadikan Den Bukit begitu beragam budaya dan adat istiadat namun tetap dapat hidup rukun, tentram, dan sejahtera loh jinawi. Selain garapan Sandyagita, terdapat beberapa garapan yang ditampilkan seperti tabuh kreasi “Tangis Cemara”, dan Tari Tani.

BACA :  Bupati Sanjaya Hadiri Peringatan Puncak Hari Koperasi Nasional ke-77

“Garapan ini sebagai tanda kita menghormati perjuangan I Gusti Anglurah Panji Sakti atau Ki Barak Panji Sakti dengan balutan seni gerak dan harmoni paduan suara modern,” jelasnya.

Disinggung mengenai tantangan membina Gong Kebyar Wanita Duta Kabupaten Buleleng, Eka menjelaskan tantangan tersebut seperti melatih pola-pola baru kepada para penari yang tergabung dalam Sanggar Seni Jagratara, Banjar Tegallang, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt.

Eka menerapkan teknik khusus untuk membantu para penari menguasai pola-pola baru. Ia menyediakan waktu latihan privat di luar jam latihan reguler 4 kali seminggu untuk membantu mereka yang masih kesulitan.

Dedikasi dan kerja keras tersebut akhirnya membuahkan hasil. Mereka menunjukkan kemajuan yang pesat dalam latihan dan siap untuk tampil di PKB 2024.

“Harapan saya, penampilan tim Gong Kebyar Wanita Duta Buleleng ini dapat memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Buleleng pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular