Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarGubernur Apresiasi Aspirasi Serikat Pekerja Pariwisata terkait UU Cipta Kerja secara Santun

Gubernur Apresiasi Aspirasi Serikat Pekerja Pariwisata terkait UU Cipta Kerja secara Santun

DENPASAR, balipuspanews.com – Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik aspirasi dari serikat pekerja di Bali terkait dengan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang disampaikan secara santun tanpa melalui aksi yang sangat berisiko di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Gubernur Koster membuka ruang dialog yang demokratis bagi pihak-pihak yang ingin menyampaikan aspirasi seperti yang dilakukan perwakilan Serikat Pekerja Pariwisata Bali, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (12/10).

Pada kesempatan itu, Gubernur Koster menerima langsung sejumlah utusan yang tergabung dalam Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Pariwisata (FSP Par)-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bali.

Dialog yang berlangsung secara kekeluargaan ini menghasilkan pemahaman yang positif antara serikat pekerja dengan pemangku kepentingan di daerah.

Menurutnya dengan pertemuan semacam ini, pembicaraan bisa lebih menyentuh pada substansi isi UU dan bukan hal-hal di luar UU itu sendiri.

“Saya lihat beberapa aksi di luar justru telah menyimpang dari substansinya itu sendiri. Sehingga apa yang menjadi tujuan aksi tak tercapai,” ujar Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

BACA :  Polisi Mulai Lacak Akun Pembuat Ujaran Kebencian Terhadap Desa Sidatapa

Di sisi lain Gubernur meminta serikat pekerja untuk melihat sisi positif dari Omnibus Law UU Cipta Kerja. Di antaranya bagaimana UU ini mencoba menyederhanakan dan mensinkronkan UU pada sejumlah sektor yang saling berkaitan.

“Secara substansi, saya sudah berdiskusi dengan ahli hukum yang ada di Bali,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Adapun Gubernur yang juga mantan Anggota DPR RI tiga periode ini meminta jika ada aspirasi untuk menyempurnakan pelaksanaannya nanti bisa disampaikan secara baik-baik kepada pemerintah.

Ketua PD FSP PAR – SPSI Bali Putu Satyawira Marhaendra menyampaikan pertemuan ini merupakan bentuk SP Par Bali menunjukkan bagaimana aspirasi bisa didengar tanpa harus melalui aksi demonstrasi dan unjuk rasa.

“Ternyata Bapak Gubernur sangat responsif, dan kami sangat senang bahwa beliau tidak mencampakkan kami, tidak meniadakan kami. Tapi betul-betul menyimak apa yang kami sampaikan, sehingga masukan-masukan yang kami sampaikan juga direspon positif oleh beliau.Dan beliau juga mengusulkan tolong ditulis dengan detil supaya bisa disampaikan kepada pemerintah pusat,” ujarnya.

BACA :  Divonis Kasus Narkotika, Imigrasi Deportasi Bule Asal Inggris

Pria yang juga menjabat Ketua PC FSP PAR-SPSI Badung ini berharap komunikasi yang baik antara pemerintah dan serikat pekerja ini bisa terus berlanjut demi pembangunan Bali ke depan yang lebih baik, dan Bali bisa bangkit dari pandemi Covid-19.

Sedangkan pengurus lain yang hadir, di antaranya Bendahara PD FSP PAR-SPSI Bali I Gusti Ayu Ketut Budiasih, Wakabid Bidang Organisasi PD FSP PAR-SPSI Bali yang juga Ketua PC FSP PAR-SPSI Karangasem Ketut Tinggal, Wakabid Pemberdayaan Perempuan PD FSP PAR-SPSI Bali yang juga Ketua PC FSP PAR-SPSI Kota Denpasar Ni Wayan Cici Suriastini, dan Sekretaris PC FSP PAR-SPSI Gianyar I Nyoman Sudiarta.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular