Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika Menerima tamu Wali Kota Melbourne Australia Sally Capp dan delegasi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika Menerima tamu Wali Kota Melbourne Australia Sally Capp dan delegasi
sewa motor matic murah dibali

BANDUNG, balipuspanews.com. – Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki obyek wisata cukup menjanjikan. Misalnya Kabupaten Sukabumi, Garut, Cianjur, Tasikmalaya, Cirebon, Banjar, Indramayu, Majalengka, Ciamis, Kuningan, Subang dan Sumedang serta Karawang.

Wilayah tersebut selain memiliki pegunungan, bukit, danau, juga pantai yang indah. Sedangkan sektor lain yaitu seni dan budaya, berbagai macam kesenian daerah atau tradisional yang dapat menarik perhatian baik dalam negeri maupun luar negeri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil), pada Jum’at malam (10/5/2019) menerima kunjungan tamu negara yaitu Wali Kota Melbourne Australia Sally Capp serta delegasi di Kantor Gubernuran Gedung Sate Bandung.

Pada sa’at jamuan malam kepada tamu negaranya di Aula Barat Gedung Sate. M. Ridwan Kamil memaparkan tentang potensi Jawa Barat khususnya dibidang pariwisata. Pihaknya mengajak tamu negaranya itu untuk berinvestasi di Jawa Barat dalam berbagai bidang. Baik bidang pariwisata, fashion, kopi dan sektor lainnya.

Dijelaskan oleh Ridwan Kamil, bahwa Jawa Barat merupakan wilayah yang mencakup 60 persen investasi di Indonesia yakni ada di Jawa Barat. Hal itu Jawa Barat memiliki semuanya, dengan demikian silahkan bagi negara lain untuk berinvestasi di Jawa Barat.

Jawa Barat pun memiliki kebon kopi yang sangat luasa, dan hasil kopinya sudah masuk pangsa pasar Internasional. Wilayah Kabupaten Garut penghasil kopi arabica terbaik, dan salah satu satu kopi yang memiliki cita rasa beda dari pada yang lain adalah kopi Kamojang Desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Kepada tamunya, Ridwan Kamil rencananya akan membuka toko kopi Jawa Barat di Melbourne Australia. “Kopi Jabar kwalitas terbaik, dan optimis kopi Jabar menembus pasaran dunia, terutama di negara Amerika” ujar Kang Emil.

“kami kan punya kopi terbaik, yang sudah juara dunia pada kompetisi di Amerika. Hal ini saya akan buka kopi Jawa Barat di Melbourne” Kang Emil menambahkan.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya akan bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar akan mengadakan pertemuan kembali dengan delegasi dari Melbourne Austarlia untuk menindaklanjuti dan membahas soal teknik kerja samanya. Selain itu juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerjasama dalam bidang olah raga dengan Melbruone.

Dari pantauan Balipuspanews.com, beberapa wilayah di Jawa Barat sebagai penghasil kopi terbaik dinataranya Kabupaten Garut yang terkenal dengan kopi Arabica Garut memiliki cita rasa luar biasa, Kopi Kamojang yang dihasilkan dari Kabupaten Bandung memiliki taktur, aroma serta rasa lain dari pada rasa kopi yang dihasilkan di garut.

Sementar Kabupaten Sukabumi, Tasikmalaya dan Majalengka, Kuningan, Bogor, Cianjur berbeda beda rasa. Seperti di Kabupaten Majalengka dan Kuningan (Wilayah 3 Cirebon), aroma dan rasa kopinya sangat unik. Tidak bisa dibayangkan seperti apa rasanya yang pasti nikmat dan membuat mata melek. Lain lagi rasa kopi yang dihasilkan dari Cimahi Kabupaten Bandung Barat berbeda rasa.

Semenatra itu menurut salah satu pemilik kebon kopi Ishak (seorang ASN) dari Desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Ketika ditemui di Kedai Kopi – nya di Desa Laksana tak jauh dari Jembatan Cukang Monteng. Sambil menikmati minum Kopi Kamojang mengutarakan. Kopi yang dihasilkan dari kebun nya seluas kurang lebih 5 haktar itu, kwalitasnya sangat baik.

Negara India, Belanda dan Singapur sering memesan kopi Kamojang. Kadang tidak bisa memenuhi pesanan, bukan karena tidak ada kopi melainkan ingin mengembangkan usaha kopi di tanah air. Kebutuhan dalam negeri sangat di prioritaskan, sebelum pemasaran ke luar negeri.

Kopi Kamojang sudah terkenal sejak jaman kolonial Belanda, bahakan kolonial Belanda pernah mendirikan pabrik kopi di Ibun ketika pusat pangkalannya berda di Kampung Pangkalan yang sekarang menjadi Kamojang sebagai penghasil panas bumi Jawa – Bali. “mas kan sudah lama kenal dengan keluarga saya, cobalah ajak rekan – rekan wartawan untuk membuka usaha kedai kopi, soal kebutuhan kopi nya stok dari saya” ujar Ishak. (Yadi/Bpn/Tim).

Tinggalkan Komentar...