Kamis, Maret 28, 2024
BerandaJembranaGubernur Koster Launching Akses Wifi Gratis, Bupati Artha Semoga Bisa Tingkatkan SDM...

Gubernur Koster Launching Akses Wifi Gratis, Bupati Artha Semoga Bisa Tingkatkan SDM Krama Bali

JEMBRANA, balipuspanews.com – Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota memberikan dukungan peningkatan kapasitas masyarakat , Gubernur Bali Wayan Koster melaunching Access Free Wifi menuju Bali Smart Island untuk seluruh masyarakat Bali di Wantilan Desa Pekraman Dauh Waru, Kabupaten Jembrana, Rabu (10/4). Ditandai dengan penyalaan sirine oleh oleh Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan.

Turut hadir pula Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali Nyoman Sujaya, Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana serta ribuan masyarakat. Pelaksanaan launching wifi gratis juga dibarengi dengan kegiatan pasar murah dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan ketersediaan infrastruktur informasi ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan Bali Smart Island. Akses wifi gratis diharapkan dapat menyentuh seluruh komponen masyarakat sehingga melalui pemerataan akses informasi dapat mendorong upaya mewujudkan pembangunan yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Bali.

“Dengan adanya akses wifi gratis ini, saya harapkan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk peningkatan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya, kesehatan dan pengetahuan sesuai dengan potensi lokal dan wawasan global yang dimiliki. Wifi gratis ini sekaligus sebagai momentum memulai kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali sebagai spirit dalam mewujudkan Krama Bali Sejahtera,” ujar Wayan Koster.

BACA :  Hanya Berbekal 13 Ribu, Sepuluh Orang ABG Dipulangkan

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha menyambut baik dan mendukung dengan adanya program wifi gratis Bali Smart Island.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih karena program tersebut dapat dilaksanakan di Kabupaten Jembrana. Kami yakin program ini akan dapat mengurangi kesenjangan digital masyarakat Bali khususnya di Jembrana. Selain itu dengan pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet kedepannya dapat meningkatkan kualitas SDM krama Bali terutama yang ada di pedesaan.” ujar Artha.

“Demi optimalisasi pemanfaatannya, kami meminta kepada masyarakat dan jajaran pemerintah kabupaten Jembrana agar program wifi gratis ini supaya benar – benar dapat digunakan dan disosialisasikan dengan baik, sehingga akan berdampakpositif terhadap pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kapasitas SDM.”imbuhnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali Nyoman Sujaya mengatakan Launching wifi gratis di tahun 2019, Pemprov Bali menargetkan pemasangan wifi gratis sebanyak 1.825 Acces Point (AP). Lokasi penempatan akses poin tersebut meliputi 1.371 AP dipasang di wantilan Desa Adat, sejumlah, 107 akses poin di Puskesmas, 203 AP di obyek wisata, 132 AP di SMA/SMK/SLB, 12 AP di publik area.

BACA :  49 Tim Ikuti Turnamen Basket SMANSA Cup XIII

Layanan wifi gratis telah dimulai pada tahun 2018 di 311 titik dari pemasangangan AP yang dicanangkan sebanyak 118 titik lokasi. Pemasangan wifi dilakukan secara bertahap dengan target sebanyak 4.157 AP telah terpasang di seluruh Bali pada tahun 2020.

“Untuk Kabupaten Jembrana tahun 2018 sebanyak 25 AP tahun 2019 sebanyak 89 AP, sedangkan untuk tahun 2020 diperkirakan penambahannya sebanyak 209 atau menjadi 298 AP,” kata Sujaya.( rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular