Kamis, April 18, 2024
BerandaDenpasarGubernur Koster Sediakan Dana Perdana 150 Milyar tangani COVID -19, Selanjutnya Dianggarkan...

Gubernur Koster Sediakan Dana Perdana 150 Milyar tangani COVID -19, Selanjutnya Dianggarkan Sesuai Kebutuhan

DENPASAR, balipuspanews.com – Gubernur  Bali, Wayan Koster mengatakan dalam rangka penanganan COVID-19, pada tahap pertama Pemerintah Provinsi Bali telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 150 Milyar.

“Dana ini  diperoleh dari revisi anggaran program dalam APBD Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2020 sesuai Instruksi Mendagri,” kata Gubernur Bali, Wayan Koster  memimpin Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jaya Sabha pada hari Kamis (9/4/2020) lalu.

Tahap kedua, lanjut Koster anggaran akan bertambah sesuai dengan kebutuhan yang menjadi prioritas penanganan COVID-19, Gubernur menegaskan dan memastikan sudah sangat siap mengalokasikan anggaran secara terarah, terukur, dan tepat sasaran dalam penanganan COVID-19.

Dalam rapat, Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas secara khusus memberikan arahan dan penegasan dalam rangka penguatan pencegahan dan penanganan COVID-19 yakni mendorong masyarakat agar melaksanakan Instruksi Gubernur Bali Nomor 8551 Tahun 2020 dengan tertib dan disiplin. Masih banyak warga termasuk WNA yang berkeliaran tidak menggunakan masker, menertibkan tempat-tempat hiburan dan keramaian.

Kemudian mempercepat berfungsinya secara efektif dan optimal SATGAS GOTONG ROYONG Berbasis Desa Adat secara Sakala dan Niskala sesuai Keputusan Bersama Gubernur Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali.
Mengintensifkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui SATGAS GOTONG ROYONG, Relawan Desa, dan Komunitas Masyarakat serta melalui berbagai media.

BACA :  Diduga Korsleting Listrik, Toko Printer Hangus Terbakar, Kerugian 4 Miliar

Pengawasan secara ketat dan pelaksanaan Rapid Test melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, dan Pelabuhan Benoa, khususnya bagi Pelaku Perjalanan (PP).

Memastikan kecukupan peralatan kesehatan sesuai standar.

Menyiapkan hotel dan tambahan insentif secara khusus bagi para petugas medis.
Meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

Dalam struktur Gugus Tugas Gubernur Bali berkedudukan sebagai Ketua yang
didampingi oleh para Wakil Ketua yaitu : Wakil Gubernur Bali, Kapolda Bali, Pangdam IX Udayana, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Bali.

Sedangkan sebagai Ketua Harian adalah Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Gugus Tugas dilengkapi dengan satuan tugas bidang yaitu satuan tugas bidang
Upakara/Niskala, satuan tugas bidang kesehatan, satuan tugas bidang edukasi
masyarakat dan lembaga pendidikan satuan tugas bidang data, pusat informasi, dan komunikasi publik, satuan tugas bidang wilayah transportasi publik dan pintu masuk Bali, satuan tugas bidang wilayah desa Adat, satuan tugas bidang wilayah Desa/Kelurahan, satuan tugas bidang oengamanan, satuan tugas bidang Advokasi Hukum; Satuan tugas bidang pengawasan dan akuntabilitas.

BACA :  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi 53 Perbekel dan Bendesa Se-Kabupaten Klungkung

Rapat Gugus tugas pertama ini, lengkap dihadiri oleh para Wakil Ketua oleh Prof. Dr.
Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si (Wakil Gubernur Bali), Irjen Pol. Petrus
Reinhard Golose (Kapolda Bali), 3) Mayjen TNI. Benny Susianto (Pangdam IX Udayana), dan  Idianto,SH,M.H (Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Bali). Selain itu juga hadir, Ketua Harian Dewa Made Indra, dan para Koordinator Satuan Tugas Bidang. Juga tampak hadir Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana (Ketua Parisada Hindu Dharma Bali), I Ketut Sumarta
(Penyarikan Agung MDA Bali), Prof. Dr. dr.A.A. Raka Sudewi, Sp.S (Rektor UNUD), Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS. (Koordinator Kelompok Ahli), dan Prof. Dr. I Ketut Gede Darma Putra, S.Kom (Kelompok Ahli).

Gugus Tugas ini mempunyai fungsi untuk melakukan percepatan pencegahan dan
penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melalui sinergi antar instansi pemerintah, badan usaha, akademisi, dan masyarakat.

Juga mempunyai tugas, merencanakan melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan dan aksi pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

BACA :  Miliki Mindset Digital Hingga Menjadi Kampus IT Terbaik se-Bali-Nusra, Universitas Primakara Siap Berkolaborasi dengan AMSI Bali

Upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 harus diperkuat untuk mewujudkan keharmonisan Alam, Krama, dan Budaya Bali sesuai Visi Pembangunan. (art/BPN/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular