Kebakaran gudang Sovenir di Desa Tangkas, Klungkung
Kebakaran gudang Sovenir di Desa Tangkas, Klungkung
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Warga Desa Tangkas, Klungkung dikejutkan dengan adanya gudang tempat barang sovenir terbakar ludes. Kebakaran yang terjadi pada Minggu (13/10)  sekira pukul 10.30 wita ini terjadi di Banjar Tegal Desa Tangkas, Klungkung meludeskan tempat penyimpanan barang-barang kerajinan (souvenir) milik Wayan Japa (56).

Menurut penuturan pemilik Gudang Wayan Japa (56) alamat Banjar Tegal Desa Tangkas, Klungkung gudang  tempat penyimpanan sovenir yang terbakar diketahui juga oleh anaknya I Nyoman Gdeja Yatindra(17) masih Pelajar Alamat Banjar Tegal Desa Tangkas, Klungkung.

Kejadiannya terjadi pada Minggu ( 13/10) sekira pukul 10.00 wita. Dirinya (Wayan Japa) saat itu sedang memanaskan air hangat dengan tungku tradisional yang memakai kayu bakar di gudang disebelah rumahnya. Gudang tersebut yang keseharianya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang barang  kerajian (souvenir/gantungan kunci berbahan kayu).

Ketika memasak air tersebut dirinya  tidak menungguinya dikarenakan,saat itu dia sambil bekerja membersihkan pekarangan rumahnya. Naas sekitar pukul 10.30 wita dia melihat dari pekarangan rumah ada kepulan asap hitam yang cukup besar di gudang samping rumahnya. Sontak dia segera menuju sumber asap tersebut.

Sesampainya di gudang terbuka miliknya itu dia mendapatkan api dari tungku tempat dia memanaskan air sudah membesar dan membakar pilar dan penyangga atap bangunan serta barang barang yang tersimpan di gudang tersebut.

Karena panik sontak dia berteriak meminta bantuan tetangga. Wargapun disekitar rumahnya berdatangan untuk membantu memadamkan api secara manual dengan menyiram pakai air menggunakan ember. Teriakan dirinya tersebut juga didengar oleh anaknya I Nyoman Gdeja Yatindra(17) yang saat kejadian sedang ada di dalam rumah menonton TV. Kemudian dia langsung secara spontan menghubungi pihak Damkar Kab Klungkung melalui telepon.

Kasat Pol PP/Damkar Klungkung Putu Suarta,SH membenarkan adanya gudang yang terbakar di Desa Tangkas. Menurutnya pada Pukul 10.40 wita Damkar, Klungkung dengan kekuatan 3 unit mobil pemadam turun ke lokasi dan segera melaksakan pemadaman api secepatnya. Pada Pukul 10.50 wita api bisa dipadamkan. Korban jiwa tidak ada namun kerugian material Gudang terbuka dengan 10 X 8 dengan kerugian total ditaksir kurang lebih 100 juta (satu pilar bagunan, sebagian usuk serta reng atap bangunan terbakar, 4 buah salon subwoper dan 3 karung kerajinan terbakar),” ujar Putu Suarta tegas.

Menurutnya Penyebab kebakaran dugaan awal kemungkinan api dari kayu bakar terkenan tiupan angin dan menyambar pilar bangunan gudang yang percis ada disebelah tungku. Dan bisa juga percikan api tersebut menyambar karung tempat penyimapan barang kerajiann yang terbuat dari kayu.

Namun pemilik gudang yang terbakar tidak melaporkan ke pihak Kepolisian karena pihak korban iklas menerima kejadian ini dan menganggap hal tersebut sebuah musibah semata. (Roni/bpn/tim)