Sebuah gudang konveksi dan rumah huni milik Hj. Kokom Komalasari yang berlokasi di wilayah padat penduduk terbakar
Sebuah gudang konveksi dan rumah huni milik Hj. Kokom Komalasari yang berlokasi di wilayah padat penduduk terbakar

BANDUNG. Balipuspanews.com – Sebuah gudang konveksi dan rumah huni milik Hj. Kokom Komalasari yang berlokasi di wilayah padat penduduk Kampung Bojong Koneng Rt. 02 Rw. 06 Desa Wangisagara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Minggu (5/5/2019) ludes dilalap si jago merah pada pukul 09.15 Wib. Lokasi kebakaran sekitar jarak tempuh 20 menit dari Biro Jawa Barat Balipuspanews.com Jln. Oma Anggawisastra Ibun Kabupaten Bandung.

Diduga kebakaran tersebut diakibatkan oleh kosrleting listrik atau arus pendek. Setidaknya 8 unit mobil Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung diturunkan untuk memadamkan kobaran api. Petugas pemadam kebakaran baru mampu menjinakkan api sekitar pukul 11.30 Wib.

Meskipun kobaran api sudah dapat dijinakkan, akan tetapi petugas pemadam masih memadamkan bagian puing – puing bangunan yang masih terbakar.

Dinas Kebakaran dan Keselamatan Kabupaten Bandung, berupaya sekuat tenaga untuk bisa memadamkan kobaran api yang sangat besar. Api melalap gudang konveksi begitu cepat, dan 1 unit rumah huni berlantai dua yang menyatu dengan gudang konveksi berukuran 1.200 meter persegi.

Bangunan gedung berlantai dua tersebut, dihuni oleh puluhan karyawan. Sementara gudang berisikan bahan – bahan yang mudah terbakar seperti bedkaper, sepray dan barang – barang berharga lainnya. Berdasarkan taksiran mencapai kerugian sebanyak Rp. 6 milyar. Dalam insiden kebakaran itu tidak menelan korban jiwa.

Petugas Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, berhasil juga menyelamatkan rumah – rumah huni disekitar gudang konveksi tetsebut. Dari 8 unit mobil Damkar untuk memadamkan kobaran api gudang konveksi masing – masing dari Pos Majalaya, Pos Ciparay, Pos Soreang, Pos Cicalengka dan Pos Taman Kopo Indah.

“Kesigapan para petugas patut diacungkan jempul, dan kami sebagai warga mengucapkan terima kasih” tutur Asef Hidayat warga Rt. 02 Rw. 06 Kampung Bojong Koneng kepada Balipuspanews.com.

Sementara itu menurut Kapolsek Majalaya Kompol Kurnia kepada wartawan mengatakan. Bahwa rumah dan gudang konveksi yang terbakar itu adalah milik Hj. Kokom Komalasari. Namun penyebab kebakaran masih dalam penangan dan penyelidikan pihak kepolisian. Adapun prihal kerugian sekiatar milyaran rupiah.

Berdasarkan pengamatan Balipuspanews.com dilapangan dan dihimpun dari beberapa saksi mata warga setempat menyipulkan. Kobaran api diduga kuat berasal dari arus pendek listrik, hal itu dikemukakan oleh salah satu warga setempat yang rumahnya dilokasi yang sama “Api berasal dari atap pabrik, beberapa warga pun melihat kepulan asap berwarna hitam dari atas atap gudang konveksi, kemudian kami langsung memberitahukan ke pemiliknya Hj. Kokom” ujar Iwan. (Myd/bpn).

Facebook Comments