Anak Agung Gede Indrayana
Anak Agung Gede Indrayana

GIANYAR, balipuspanews.com – Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus (rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak) yang menyebabkan terganggunya fungsi indera penciuman. Pengobatan untuk penyakit ini dapat melalui obat-obatan atau tindakan operasi. Salah satu Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bernama Anak Agung Gede Indrayana (29) dari Kabupaten Gianyar menceritakan pengalamannya menjalani operasi Sinusitis menggunakan jaminan dari JKN-KIS.

“Saat itu saya mengalami gejala sulit bernafas, pusing dan hidung sering berlendir, setelah saya cek ke dokter ternyata saya dibilang sinusitis dan harus menjalani operasi, dokter menanyakan saya mempunyai asuransi dan saya jawab hanya punya JKN-KIS, syukur hanya dengan JKN-KIS itu saya dapat berobat dengan mudah dan memuaskan,” kata Anak Agung Gede Indrayana yang sering disapa Gung Indra.

Gung Indra yang saat ini terdaftar sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 dengan iuran perbulannya hanya Rp.42.000,- sebelumnya sempat terdaftar sebagai peserta tanggungan dari orang tuanya yang seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Semenjak ia bekerja sebagai guru kontrak, ia memutuskan untuk mengalihkan kepesertaannya seperti saat ini. Terlepas dari hal tersebut ia mengaku pelayanannya tidak berbeda, yang membedakan hanya ruang kelas perawatan.

“Dulu saat masih askes, saya sempat menggunakan jaminan kelas 2 dari tanggungan orang tua, sekarang saya menggunakan JKN-KIS dari peserta PBPU kelas 3, menurut saya pelayanannya sama baiknya hanya ruang kelas rawat saja yang berbeda, namun yang pasti tidak ada biaya tambahan yang harus saya keluarkan dan prosesnya pun lancar,” ungkap Gung Indra.

Gung Indra juga menerangkan bahwa pembayaran iuran rutin perbulan kini sudah lebih mudah karena ada mekanisme autodebet, sedangkan dulu pembayaran manual lewat konter-konter pembayaran. Saat ini ia hanya tinggal memantau lewat internet banking untuk memastikan rekeningnya sudah dipotong untuk pembayaran iuran, ia juga menambahkan banyak kemudahan lain yang ia dapatkan dari program JKN-KIS.

“Saya sekarang tinggal menunggu saja rekening bank saya dipotong tiap bulannya untuk membayar iuran, jadi terhindar dari kelupaan, selain itu saya juga mendapatkan edukasi dari petugas BPJS Kesehatan tentang aplikasi Mobile JKN yang sangat memudahkan urusan program JKN-KIS,” lanjut Gung Indra.

Saat ini Gung Indra sudah tidak merasakan terganggu lagi oleh penyakit sinusitis yang sempat ia alami, hanya saja ia tetap melakukan kontrol beberapa kali lagi untuk memastikan kondisinya benar-benar sudah sehat. Selama menjalani kontrol, ia tetap mempercayakan pembiayaan kepada JKN-KIS.
Anak Agung Gede Indrayana

“Sebagai Peserta JKN-KIS Kelas 3 saya merasa mendapatkan pelayanan yang mudah saat menjalani operasi Sinusitis di rumah sakit, ” katanya. (DD/rls/bpn/tim)