Jumat, April 26, 2024
BerandaNewsPeristiwaGunung Agung Erupsi, Bau Belerang di Sebudi

Gunung Agung Erupsi, Bau Belerang di Sebudi

Karangasem, balipuspanews.com – Gunung Agung mengalami erupsi pada hari Jumat (15/6) sekitar pukul 21:15 WITA namun tinggi kolom abu tidak teramati.

” Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 27 mm dan durasi ± 2 menit 30 detik, ” kata Dewa Merta, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Rendang, Jumat malam.

Secara visual dari Pos Pengamatan Gunungapi rendang tertutup kabut.

Sementara itu, berdasarkan informasi Gunung Agung group daerah Sebudi, Selat keluar bau belerang yang dihirup warga.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari salah satu relawan Pasebaya, Putu Dana asal Desa Sebun, Selat Karangasem melaporkan via radio komunikasi bahwa asap berwarna keabuabuan mengarah ke arah selatan.

“Untuk arah asap terlihat ke arah selatan saat ini tepat diatas rumah saya,” ujarnya.

Hanya saja, untuk laporan turunnya hujan abu akibat erupsi kali ini belum ada laporan baik dari warga maupun relawan pasebaya yang berada di seluruh Desa terdampak dilingkar Gunung Agung.

Saat ini G. Agung berada pada status level III (Siaga) dengan rekomendasi

BACA :  Hingga Akhir April 2024, Korban DBD di Karangasem Tercatat 240 Kasus

(1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (suar/ bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular