15/08/2020, 1:58 AM
Beranda Editor's Picks Guru SMPN 3 Selat, Karangasem Patungan Belikan Rekannya Ponsel untuk Dukung Pembelajaran...

Guru SMPN 3 Selat, Karangasem Patungan Belikan Rekannya Ponsel untuk Dukung Pembelajaran Daring

KARANGASEM, balipuspanews.com- Ditengah pandemi corona, handphone kini menjadi salah satu perangkat penting yang harus dimiliki siswa dan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring (dalam jaringan).

Hanya saja, system online ini menjadi kendala bagi I Made Bandem Sumiasa salah seorang guru kontrak Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem yang mengajar di SMP Negeri 3 Selat, Karangasem, Bali lantaran tidak memiliki handphone yang mendukung system pembelajaran tersebut.

Karena keterbatasan ekonomi, Pria berusia 39 tahun asal Banjar Dinas Juwuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem ini tidak mampu membeli hp yang memadai. Penghasilan sebagai tenaga kontrak habis dipakai untuk kebutuhan sehari – hari itupun tidak cukup sampai pertengahan bulan.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah rekan guru diam – diam memiliki inisiatif menggelar patungan pengumpulan uang untuk membelikan lelaki yang sudah mengabdi sejak berdirinya SMP Negeri 3 Selat hampir 11 tahun lalu itu handphone android.

“ Ini bentuk solidaritsas kami rekan sesama guru karena melihat salah satu guru terkendala handphone sehingga tidak bisa melaksanakan pembelajaran lewat system daring. Kami para guru berinisiatif untuk membantu lewat patungan seikhlasnya untuk membelikan Pak Bandem hp android,” kata I Wayan Ardana salah satu guru yang mengeluarkan ide untuk patungan tersebut kepada media ini, Jumat (24/7/2020).

Dari hasil patungan, seluruh guru dan staf SMP 3 tersebut berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 3 juta. Hingga pada hari Senin 20 juli 2020 lalu, beberapa guru langsung mengantar Made Bandem ke counter untuk membeli handphone.

Sementara itu, dimata para guru, Made Bandem Sumiasa dikenal sebagai sosok yang baik hati, polos dan suka membantu para guru yang lainnya saat ada kendala.

“ Pak bandem ini orangnya polos, rekan guru sering meminta bantuannya karena beliau juga pintar dibidang IT,” kata Ayu Lestari rekan sesama tenaga kontrak yang mengajar di SMP Negeri 3 Selat.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Kuasa Hukum Jerinx SID Ajukan Penangguhan Penahanan

DENPASAR, balipuspanews.com - Kuasa hukum Wayan Gendo Suardana SH, Jumat (14/8/2020) siang, mendatangi penyidik Ditreskrimsus Polda Bali untuk menyerahkan surat penangguhan penahanan terhadap Jerinx...