Kamis, April 18, 2024
BerandaKlungkungGusde Gantungkan Harapan Keluarganya pada Program JKN-KIS

Gusde Gantungkan Harapan Keluarganya pada Program JKN-KIS

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Rasa syukur diucapkan Ida Bagus Gede Jumpung Bawa,32, sekeluarga setelah sebelumnya berhenti bekerja dan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dinonaktifkan oleh pemberi kerjanya.

Kini kepesertaannya kembali aktif dan dapat digunakan karena langsung didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung.

Alasannya adalah karena ia sekeluarga sangat bergantung pada JKN-KIS apabila memerlukan pelayanan kesehatan, hal ini ia ungkapkan karena ia merasakan manfaat JKN-KIS ketika istrinya melahirkan anak pertama secara operasi dengan beberapa tindakan penting yang memerlukan pembiayaan tidak sedikit, belum lagi keluarganya juga sering memanfaatkan JKN-KIS seperti orang tuanya yang mengidap Diabetes Mellitus sehingga harus menjalani pengobatan rutin.

“Ketika istri saya melahirkan anak pertama melalui operasi, kami harus mengalami 2 kali rujukan, sebab air ketubannya kering dan berisiko, tapi syukur semuanya berjalan lancar dan tanpa biaya dengan JKN-KIS,” ungkap Gusde begitu panggilan akrabnya.

Pria yang berasal dari Kamasan, Klungkung ini mengungkapkan bahwa sudah banyak manfaat JKN-KIS yang dirasakan ia dan keluarganya, sehingga begitu ia berhenti bekerja, dirinya langsung mendaftarkan diri beserta keluarga ke program Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Klungkung, sehingga kepesertaannya sekeluarga kembali aktif meskipun turun di kelas 3.

BACA :  Polisi Ungkap Pelaku Tambahan Pencurian di Sejumlah LPD di Karangasem

“Saya sama sekali tidak masalah meskipun harus turun menjadi kelas 3, pada saat pandemi seperti ini tentu saya sekeluarga lebih kesulitan lagi jika harus membayar sendiri biaya pengobatan, jadi kami sangat membutuhkan JKN-KIS ini,” lanjut Gusde.

Gusde menuturkan yang terpenting baginya adalah kepesertaan selalu aktif dan dapat digunakan jika diperlukan. Pentingnya JKN-KIS baginya menyiratkan pesan bahwa begitu banyak masyarakat yang merasakan kehadiran Program JKN-KIS sangat membantu perekonomian, pihkanya sekeluarga sangat berharap program ini dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“Saya sangat berharap Program JKN-KIS ini terus dapat berjalan, semoga seluruh masyarakat dapat mendukung program ini dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku,” tutup Gusde.

Penulis : Gde Candra

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular