Hadapi New Normal, Pasar Dijaga Ketat

Simulasi protokol kesehatan di pasar Negara
Simulasi protokol kesehatan di pasar Negara

NEGARA, balipuspanews.com – Meningkatnya kasus positif covid-19 akibat transmisi lokal di Jembrana membuat gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Jembrana terus berupaya melakukan antisipasi.

Salah satunya dengan memperketat pengawasan di pasar sebagai tempat berkumpulnya banyak orang.

Untuk menghadapi new normal atau tatanan hidup baru dimasa pandemi covid-19 belum berakhir, Rabu (8/7) dilaksanakan simulasi Protokol Kesehatan Prakondisi Tatanan Hidup Baru di pasar Negara.

Dalam simulasi itu semua petugas yang akan melaksanakan pengawasan pasar diberikan tugas khusus.

Untuk petugas BPBD Jembrana serta petugas pasar melaksanakan sterilisasi penyemprotan di areal pasar sebelum pasar buka dan pasar tutup.

Tim kesehatan melakukan pengecekan suhu badan kepada pengunjung pasar, jika ada yang melebihi suhu 38 derajat celcius akan di bawa ke mobil ambulan untuk melakukan rapid test serta apabila hasilnya reaktif maka untuk penanganan selanjutnya di bawa ke Rumah Sakit/Puskesmas.

Anggota Binmas Polres Jembrana memberikan himbauan kepada pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian – Sat Pol PP dengan menggunakan APD melaksanakan patroli ke dalam pasar serta mengingatkan pengunjung dan pedagang agar mematuhi protokol kesehatan.

Pecalang menghimbau para pengunjung pasar agak tidak membawa anak kecil ketika berbelanja ke pasar dan melaksanakan patroli kedalam pasar menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan.

Dandim 1617 Jembrana Letkol Kav. Djefry Marsono Hanok yang ikut memantau simulasi mengatakan petugas yang disiapkan nantinya untuk menjaga pasar harus siap. Mereka juga harus mampu mendisiplinkan pengunjung dengan tegas agar menerapkan protokol kesehatan.

“Satgas gotong royong di masing-masing Desa juga agar diaktifkan. Ini untuk kepentingan kita semua,” ujarnya.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Ketut Ekos Susilo Artha Permana, menyampaikan, sampai saat ini kasus positif covid-19 di Jembrana memang paling rendah di Bali.

Tetapi dengan meningkatnya transmisi lokal maka Gugus tugas covid-19 Jembrana tetap berusaha meminimalisir penyebaran covid-19 di tempat-tempat ramai.

Sementara itu Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Astawa menyampaikan Polri, TNI dan Satgas Covid Jembrana akan menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer di lokasi yang dikunjungi orang banyak seperti di Pasar.

“Untuk parker pengunjung pasar Negara kita akan alihkan ke sentral parkir Negara agar tidak terjadi penumpukan di sepanjang jalan Ngurah Rai,” jelasnya.

Penulis/Editor : Anom/Oka Suryawan