Hadapi Pemilu 2024, Sebanyak 444 Orang PPS Dilantik KPU Buleleng

Pelantikan 444 PPS dari 9 Kecamatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Buleleng bertempat di Hotel Banyualit Lovina
Pelantikan 444 PPS dari 9 Kecamatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Buleleng bertempat di Hotel Banyualit Lovina

BULELENG, balipuspanews.com – Jelang perhelatan pesta demokrasi yang akan digelar di 2024 mendatang. Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng secara resmi melantik sebanyak 444 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 9 Kecamatan di Kabupaten Buleleng dengan masa jabatan 14 bulan. Terhitung dari tanggal 24 Januari 2023 sampai dengan tanggal 4 April 2024.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana menyebutkan bahwa dari sekian jumlah PPS yang telah dilantik secara serentak berlokasi di Hotel Banyualit Lovina, mereka terdiri dari 356 orang laki-laki dan 88 orang perempuan yang berasal dari masing-masing desa di Kabupaten Buleleng.

Tidak hanya itu, Dudhi mengatakan latar belakang PPS yang direkrut untuk Pemilu 2024 kebanyakan berasal dari generasi muda. Sebab, generasi muda dipandang lebih mengetahui terkait pemanfaatan teknologi informasi yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di era digitalisasi saat ini.

Selain itu PPS nantinya diharapkan bisa ikut meminimalisir adanya golput di Pemilu 2024 dengan cara lebih intens mensosialisasikan segala hal berkaitan dengan kepemiluan.

“Sudah diberikan kebijakan oleh KPU RI, sehingga anak-anak muda yang mengetahui tentang teknologi informasi bisa kita libatkan,” jelas Udiyana.

Sementara itu, menyikapi kebijakan KPU untuk merekrut lebih banyak lagi generasi muda di Kabupaten Buleleng disambut baik oleh anggota PPS, salah satunya adalah Kadek Indra Kusuma yang termotivasi untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai PPS, sebab dirinya melihat partisipasi politik generasi muda masih perlu ditingkatkan lagi.

Maka dari itu, dirinya sebagai generasi muda memutuskan untuk bergabung dengan KPU sebagai PPS di Desa Joanyar, Kecamatan Seririt.

“Tentunya kita sebagai generasi muda harus memperhatikan masa depan bangsa, kita harus ikut berpartisipasi dan nggak ‘mager’ lagi untuk memahami politik di negara kita,” sebut Indra.

Dalam pelantikan PPS tersebut juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Buleleng, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Buleleng.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan