Yayasan Dharma Sadar Sehat (YDSS) bersama Komunitas Sadar Sehat (KSS) menyediakan pemeriksaan gratis. Selain pemeriksaan gratis
Yayasan Dharma Sadar Sehat (YDSS) bersama Komunitas Sadar Sehat (KSS) menyediakan pemeriksaan gratis. Selain pemeriksaan gratis

TABANAN, Balipuspanews.com – Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pileg dan Pilpres 2019, Yayasan Dharma Sadar Sehat (YDSS) bersama Komunitas Sadar Sehat (KSS) menyediakan pemeriksaan gratis. Selain pemeriksaan gratis juga diberikan tas dan bingkisan.

Direktur YDSS dr. Putu Eka P. Kefani, Rabu (17/4) mengatakan, pelayanan kesehatan gratis ini sejatinya telah dilakukannya sejak tahun 2015 lalu. Ini telah menyasar pada 3.000 lebih pasien diseluruh Bali.

Terkait dengan perhelatan Pileg dan Pilpres kali ini, pihaknya sengaja memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis. Adapun pelayanan pemeriksaan gratis ini diberikan khusus kepada pemilih yang telah menggunakan hak suaranya di TPS.

Eka P. Kefani menjelaskan apresiasinya kepada pemilih ini dilakukannya untuk mendorong pemilih menggunakan hak suaranya. Terutama kepada para pemilih yang berusia dewasa dan rentan terhadap kemungkinan terjangkit suatu penyakit. Terutama tiga penyakit yang menjadi penyebab terbesar kematian.

“Menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2014, ada tiga jenis penyakit yang menjadi penyebab tertinggi kematian,” sebutnya.

Adapun ketiga penyakit tersebut sebagai berikut. Yakni penyakit stroke, jantung dan pembuluh darah serta penyakit diabetes dan komflikasinya.

Eka P. Kefani kemudian mengatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan gratis ini syaratnya harus sudah nyoblos.

Ini dibuktikan dengan menunjukkan jari yang sebelumnya dicelup tinta sebagai tanda telah mencoblos. (rah/bpn/tim)