Hadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar, Giri Prasta Ajak Semeton Pasek Jaga Persatuan di Tengah Hetorogenitas

Bupati Giri Prasta selaku Ketua MGPSSR Provinsi Bali saat menghadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar tahun 2020 di pasraman Widya Graha Kepasekan Jl. Cekomaria Peguyangan Kangin, Kamis (20/8/2020).
Bupati Giri Prasta selaku Ketua MGPSSR Provinsi Bali saat menghadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar tahun 2020 di pasraman Widya Graha Kepasekan Jl. Cekomaria Peguyangan Kangin, Kamis (20/8/2020).

BADUNG, balipuspanews.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menghadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar tahun 2020, Kamis (20/8) bertempat di pasraman Widya Graha Kepasekan Jl. Cekomaria Peguyangan Kangin. Lokasabha yang mengambil tema Nyikiang Pikayun Nabdabin Laksana Nyujur Kaluwihan Ngardi Jagadhita tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara.

Dalam sambutannya Giri Prasta menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan wakil walikota Denpasar yang telah berkenan membuka lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar tahun 2020.

“Saya sangat berterima kasih atas kehadiran wakil walikota Denpasar turah jaya negara serta mengapresiasi pelaksanaan Lokasabha X MGPSSR Denpasar. siapapun nanti terpilih memimpin MGPSSR Denpasar, saya minta supaya selalu memperhatikan keberadaan sulinggih maupun dadia yang ada di wilayah kota Denpasar,” ujar Giri Prasta.

Giri Prasta juga meminta kepada pengurus baru MGPSSR Denpasar agar memberikan informasi dan melakukan pendataan keberadaan semeton Pasek mulai tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa.

“Saya akan membantu semua pengurus yang ada di setiap kabupaten kota dengan memberikan dana operasional 10 juta setiap 3 bulan sekali untuk mendata jumlah sulinggih dan dadia sehingga kita memiliki database yang valid,” imbuhnya.

Seraya mengajak semeton Pasek untuk selalu bakti ring kawitan, eling ring bisama dan guyub ring semeton sebagai jatidiri warga Pasek sujati dengan selalu berpegang teguh pada sikap saling sumbah, saling parid, dan mesidikara.

Lebih lanjut Giri Prasta mengajak semeton Pasek untuk selalu menghindari perselisihan dan menjaga persatuan ditengah heterogenitas masyarakat yang ada saat ini, dengan menteladani Ida Mpu Kuturan yang mampu menyatukan seluruh sekte yang ada di Bali dengan membentuk Tri Sakti Wisesa yang diwujudkan melalui kahyangan tiga dan di emong Krama dalam satu wadah desa adat.

“Inget hanya ada satu matahari di MGPSSR, saya sebagai nahkoda sudah pasti selalu komitmen untuk meluruskan dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Giri Prasta berpesan kepada IGN Jaya Negara selaku pemimpin di kota Denpasar agar ikut memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada warga Pasek yang ada di wilayahnya.

Dan untuk mensukseskan pelaksanaan lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar, secara pribadi Giri Prasta menyerahkan dana motivasi sebesar 25 juta.

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Oka Suryawan