Saat Wabup Made Kasta bersama Nyonya hadiri pernikahan warga sekaligus serahkan Akta Kawismara
Saat Wabup Made Kasta bersama Nyonya hadiri pernikahan warga sekaligus serahkan Akta Kawismara

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Mensukseskan program Kawismara yang merupakan inovasi Bupati Klungkung Nyoman Suwirta untuk mempercepat proses Akta Perkawinan Warga yang menikah melalui Disdukcapil Klungkung.

Menyikapi inovasi percepatan akte tersebut Wakil Bupati, Klungkung I Made Kasta bersama Ny. Sri Kasta menghadiri upacara pernikahan pasangan Candra Hadi Putra dengan Ni Wayan Ari Wahyuni di Lingkungan Banjar Pande, Kelurahan Semarapura Klod Kangin, Klungkung, Jumat (31/7).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Made Kasta menyerahkan Akta Perkawinan, Kartu Keluarga, KTP baru yang telah disiapkan oleh petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kepada kedua mempelai.

Kegiatan ini merupakan program inovasi Disdukcapil Klungkung bernama KAWI SMARA yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta perkawinan.

“Dengan program Kawismara ini mempelai langsung mendapatkan akta perkawinan, KK dan KTP begitu upacara perkawinan selesai dilakukan. Kawismara memotong rantai birokrasi dalam pengurusan akta perkawinan,” Ujar Wabup Made Kasta disela sela penyerahan Akte perkawinan warga tersebut.

Lebih lanjut kemudahan bagi mempelai dimana Penandatangan pemuput/pendeta  dilakukan di lokasi upacara perkawinan, termasuk juga penandatangan oleh perangkat desa/kelurahan, mempelai dan saksi yang menghadiri upacara pernikahan warga tersebut.

Terkait kemudahan penyerahan akta perkawinan untuk warga yang menikah ini dibenarkan Kadisdukcapil Klungkung Komang Darma Suyasa. Menurutnya inovasi unggulan yang digencarkan pihak Disdukcapil Klungkung ini.

“Kawismara juga sangat membantu mempelai dalam memberikan legalitas perkawinan mereka ditengah kesibukan mempersiapkan upacara perkawinan, mempelai atau keluarga mempelai bisa mengajukan permohonan ke Disdukcapil,” sebutnya.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan

Facebook Comments