Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengHakim dan Pegawai di PN Singaraja Ikuti Tes Urine 

Hakim dan Pegawai di PN Singaraja Ikuti Tes Urine 

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 70 hakim dan pegawai administrasi di Pengadilan Negeri (PN) Singaraja menjalani tes urine secara mandiri, pada Selasa (21/6/2022).

Dari hasil tes itu 68 orang diantaranya telah dinyatakan hasilnya negatif sementara 2 orang belum bisa mengikuti tes karena kondisinya sedang sakit.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buleleng, AKBP Gede Astawa menyebutkan apa yang dilaksanakan PN Singaraja erat kaitannya dengan instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 bahwa setiap instansi harus melakukan yang namanya RAN P4GN (Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika) sebagai langkah pencegahan penggunaan narkoba di instansi masing-masing.

“Berkaitan dengan itu PN sudah merespon secara mandiri dengan melakukan tes urine terhadap 68 orang dan hasilnya negatif. Untuk 2 orang lagi karena sakit jadi belum dilakukan tes,” ungkap AKBP Gede Astawa.

Bahkan kata AKBP Astawa mengapresiasi apa yang telah dilakukan PN Singaraja karena telah berinisiatif untuk mendeteksi dan melakukan pencegahan narkoba. Selain itu pihaknya menekankan penanggulangan narkoba harus dilakukan secara bersama-sama bukan hanya BNN semata.

BACA :  Tingkatkan PAD dari Sektor Pariwisata, DPRD Bogor Kunjungi DPRD Badung

“Kalau bicara masalah penyalahgunaan narkoba kan harus bersama-sama tidak bisa hanya mengandalkan BNN semata. Jadi apa yang dilakukan PN ini sangat baik sebagai deteksi awal,” terangnya.

Disinggung mengenai sasaran instansi berikutnya yang akan disasar untuk mengikuti tes urine. AKBP Gede Astawa enggan menyebut instansi mana.

Akan tetapi sebelumnya sudah ada seperti Dinas Pendidikan, Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kabupaten Buleleng termasuk PN Singaraja yang secara mandiri meminta untuk dilakukan tes urine terhadap pimpinan dan pegawainya.

“Kalau sasaran berikutnya ada, tapi kita pantau dulu instansinya apa nanti kita akan terjun secara mendadak untuk memastikan itu,” tutup AKBP Gede Astawa.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular